Jubir GTPP Pacitan: Kata Kunci Pencegahan Corona Adalah Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

oleh -13146 views
Juru bicara percepatan penanganan COVID-19 Pemkab Pacitan Rachmad Dwiyanto. (Foto: Sulthan Salahuddin)

Pacitanku.com, PACITAN – Upaya tim gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) coronavirus disease 2019 (COVID-19) Pemkab Pacitan untuk menangani virus corona terus digencarkan. Seperti yang dilakukan pada Jumat (3/7/2020) kemarin, gugus tugas mengadakan oparasi simpatik guna menertibkan penggunaan masker.

Atas upaya tersebut, juru bicara GTPP COVID-19 Pemkab Pacitan Rachmad Dwiyanto terus menekankan masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

“Kata kunci kita adalah protokol kesehatan, katakanlah, mas ini positif, namun kalau sama-sama pakai masker, Insya Allah aman tidak ada apa-apa,”ujarnya, Sabtu (4/7/2020) di Pacitan.

Rachmad juga mengatakan, walaupun hasil rapid diagnostic test (RDT) menunjukkan gejala reaktif, kemudian memilih, pasien bisa memilih untuk isolasi mandiri atau isolasi di tempat yang desa-desa telah siapkan.

“Baru kalau ada swab positif baru kita jemput untuk dikarantina, namun selama tidak positif, asalkan protokol kesehatan digunakan pasti aman, kata kunci protokol kesehatan, minimal pakai masker,”tandas pria yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pacitan ini.

Berdasarkan data yang dikutip Pacitanku.com dari laman gugus tugas COVID-19 Pacitan, setidaknya gugus tugas telah memantau 26.117 orang per Sabtu (4/7/2020). Dengan rincian 24.647 orang sehat dengan risiko (ODR), 717 orang dalam pemantauan (ODP), 702 orang tanpa gejala (OTG), 22 pasien dalam pengawasan (PDP) dan 29 pasien positif COVID-19.

Untuk 29 pasien positif COVID-19, 11 diantaranya sudah sembuh, 17 dirawat dan 1 meninggal dunia.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan

Video Masyarakat Pacitan Jangan Lengah, Ayo Disiplin Jalankan Protokol Kesehatan