Bukan Tidak Mungkin Ada Penertiban Penerapan Protokol Kesehatan di Pacitan

oleh -13172 views
Gugus tugas memberikan masker kepada pengguna jalan di Pacitan, Jumat (3/7/2020). (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) coronavirus disease 2019 (COVID-19) Pemkab Pacitan Rachmad Dwiyanto mengatakan bukan tidak mungkin Pacitan akan menerapkan penertiban pemberlakuan protokol kesehatan. Hal itu terlihat masih adanya kelonggaran dalam penerapan protokol kesehatan di masyarakat.

“Bukan tidak mungkin kedepan akan diterbitkan dasar hukum untuk masyarakat sebagai upaya menertibkan masyarakat menerapkan protokol kesehatan,”kata Rachmad, Sabtu (4/7/2020) di Pacitan.

Untuk saat ini, Rachmad mengatakan pihaknya masih melakukan penerapan protokol kesehatan dengan cara simpatik dan persuasif. “Untuk sementara masih simpatik tapi nanti menunggu dasar hukum, kita akan mendisiplinkan masyarakat untuk menggunakan protokol kesehatan,”ujarnya.

Baca juga: Bupati Pacitan Pantau Masyarakat agar Disiplin Pakai Masker

Tak hanya itu, Rachmad juga terus mengingatkan untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan pencegahan corona dengan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Masyarakat harus memahami bahwa selain protokol kesehatan PHBS harus di terapkan, kedua, jangan keluar rumah kecuali ada hal penting,” pungkasnya.

Sebagai informasi, pada Jumat (3/7/2020) kemarin, GTPP COVID-19 Pacitan memantau para pengguna jalan di kawasan perempatan Penceng, Pacitan, salah satunya terkait kedisiplinan memakai masker.

Baca juga: Jubir GTPP Pacitan: Kata Kunci Pencegahan Corona Adalah Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

Melibatkan semua unsur baik Kepolisian, TNI serta Satpol PP, semua pengguna jalan yang berhenti dilampu merah dipantau. Tak sedikit masyarakat terjaring razia dadakan ini karena tidak bermasker, langsung mendapat peringatan serta arahan dari petugas. Satuan gugus tugas juga membagi masker kepada mereka yang lupa atau tidak membawa.

Gerakan ini menurut bupati akan dilaksanakan terus sebagai salah satu upaya mengedukasi masyarakat menuju tatanan baru. Untuk sementara, masyarakat yang melanggar akan diperingatkan, namun kedepan akan ada sanksi.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan

Video Masyarakat Pacitan Jangan Lengah, Ayo Disiplin Jalankan Protokol Kesehatan