Masih Terus Dilacak, ini Dugaan Asal Klaster Pasien Positif Corona Nomor 21 di Pacitan

oleh -13319 views

Pacitanku.com, PACITAN — Gugus Tugas Percepatan Penanganan coronavirus disease 2019 (COVID-19) Pemkab Pacitan, masih menduga-duga munculnya dua pasien positif COVID-19 asal Kecamatan Sudimoro dan sehari sebelumnya dari Kecamatan Ngadirojo.

Mereka belum bisa dipastikan asal klasternya. Sekalipun kuat mengarah pada transmisi lintas daerah. Hal tersebut seperti disampaikan, juru bicara tim komunikasi publik penanganan COVID-19 Pemkab Pacitan Rachmad Dwiyanto, Selasa (23/6/2020) malam.

Rachmad yang saat itu tengah mendampingi Bupati Indartato, saat menggelar jumpa pers, terkait penambahan satu pasien positif COVID-19, mengatakan, ada kemungkinan penambahan dua pasien positif COVID-19 itu, berasal dari transmisi lintas negara.

Dia menduga dari China. Sebaran itu diduga dibawa oleh pekerja asing yang saat ini berada di Pacitan.

Atau, lanjut dia, bisa juga berasal dari transmisi antar kota.

“Semua masih abu-abu, bisa dari transmisi luar negeri yakni China atau dari lintas kota. Jadi sebaran itu terbawa dari pekerja yang datang dari zona merah atau zona hitam. Tapi sampai detik ini, gugus tugas masih terus melakukan tracing,” jelasnya.

Karena itu, ia mengimbau masyarakat tetap tenang dan selalu patuhi imbauan pemerintah. Utamanya menjalankan protokol kesehatan secara lebih disiplin. Sebab dengan tatanan kenormalan baru ini, masyarakat terkesan “semau gue.”

Pemerintah menerapkan tatanan kenormalan baru, mengingat roda perekonomian masyarakat mengalami perlambatan selama masa pandemi.

“Tapi sekali lagi, porotokoler kesehatan wajib dilaksanakan. Jangan lengah, sebab coronavirus masih terus mengintai siapapun. Tak mengenal status sosial, tua ataupun muda berpotensi terinfeksi virus mematikan tersebut. Karena itu, jagalah kesehatan dan keselamatan diri dengan memakai masker dan selalu jaga jarak fisik serta hindari berkerumun,” tandasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan

Video Konferensi Pers Penambahan Pasien Positif Corona, Selasa (23/6/2020) malam.