Kabar Baik, Tiga PDP Klaster Sukolilo Dinyatakan Negatif COVID-19 Hasil Swab

oleh -13655 views
Ilustrasi tes Corona

Pacitanku.com, PACITAN – Satuan gugus tugas (satgas) percepatan penanganan coronavirus disease 2019 (COVID-19) Pacitan mengumumkan tiga pasien dalam pengawasan (PDP) yang masuk dalam klaster Sukolilo Surabaya dinyatakan negatif COVID-19 berdasarkan hasil swab dari Balai Penelitian dan Pengembangan Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pacitan, Trihariadi Hendra Purwaka, membenarkan hasil swab tiga PDP yang saat ini menjalani masa karantina di wisma atlet dinyatakan negatif COVID-19.

“Memang benar tiga PDP tersebut, hasil swabnya negatif dari COVID-19. Mereka diantaranya MRT, warga Desa Sirnoboyo, HR, Warga Pucangsewu, SD, warga Desa Sumberharjo, dan HRS warga Kelurahan Pucangsewu,”jelasnya, Ahad (3/5/2020).

SD sendiri merupakan tukang cukur dari pasien positif COVID-19 nomor 01, dan HRS yang merupakan warga Kelurahan Pucangsewu. Sementara, khusus HRS belum diketahui asal klasternya. Yang bersangkutan tercatat sebagai pasien di RSUD dr Darsono Pacitan.

Atas hasil tersebut, dokter yang akrab disapa Hendra ini meminta masyarakat tidak resah. Sebab meskipun hasil RDT menyatakan reaktif COVID-19, namun belum tentu positif COVID-19 hasil swab.

“Yang terpenting, tetap ikuti protokol kesehatan dengan selalu memakai masker dan jaga jarak fisik (physical distancing) ketika melakukan aktivitas sosial dengan pihak lain,”pungkasnya.

Sementara, mengutip data yang dihimpun oleh Satgas COVID-19 Pacitan per Sabtu (2/5/2020) pukul 15.00 WIB, Satgas COVID-19 Pacitan telah memantau sebanyak total 19.565 orang.

Dari total jumlah pantauan tersebut, sebanyak 18.932 berstatus orang sehat dengan risiko (ODR). Kemudian sebanyak 543 berstatus orang dalam pemantauan (ODP), dan sebanyak 9 PDP, dengan rincian 3 PDP masih dipantau, 2 PDP meninggal dunia dan 4 PDP selesai dipantau.

Selain itu, Satgas COVID-19 Pacitan juga telah mendata sebanyak 75 orang tanpa gejala (OTG) dan 6 pasien dinyatakan positif COVID-19.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan

Data pemantauan COVID-19 di Pacitan per Sabtu (2/5/2020)