Gugus Tugas Kembali Temukan OTG Asal Desa Semanten Pacitan

oleh -1 Dilihat
Plt Kadinkes Pacitan Trihariadi Hendra Purwaka. (Foto: Yuniardi Sutondo/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN –  Satu lagi orang tanpa gejala (OTG) kembali terdeteksi oleh tim gugus tugas percepatan penanganan coronavirus disease 2019 (COVID-19) Pemkab Pacitan. Orang tersebut dikabarkan beralamat di Dusun Blunding, Desa Semanten, Kecamatan Pacitan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pacitan, Trihariadi Hendra Purwaka, mengatakan, masyarakat diimbau jangan panik. Sekalipun orang tersebut dinyatakan reaktif COVID-19 hasil RDT, bukan jaminan dalam swab nanti, terinfeksi COVID-19.

“Soal OTG asal Desa Semanten tersebut, saat ini masih kita cek dulu di database kami. Apakah sudah masuk tracing atau belum. Karena itu, kami sangat butuh informasi dari banyak pihak termasuk dengan wartawan,” jelasnya, Ahad (3/5/2020).

Dokter yang akrab disapa Hendra ini meminta agar masyarakat melakukan pendekatan yang lebih rasional dalam menyikapi COVID-19 ini.

Artinya, lanjut dia, jangan mempercayai informasi-informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Ikuti imbauan pemerintah dan sosialisasi yang disampaikan gugus tugas. Jangan jauhi orangnya, namun jauhi penyakitnya. Karena itu, masyarakat jangan memberi sanksi sosial kepada siapapun yang terindikasi COVID-19. Apalagi baru sebatas hasil RDT,”jelasnya.

Sebagai informasi, pada Sabtu (2/5) malam kemarin, kediaman OTG tersebut nampak dijaga oleh sejumlah petugas dari TNI dan Polri, serta sejumlah warga. Lain itu juga nampak satu unit ambulans yang terparkir di halaman rumah. Namun wartawan belum mendapatkan konfirmasi terkait persoalan tersebut.

Selain itu, orang yang diduga OTG itu, punya profesi sebagai master of ceremony (MC) atau pembawa acara resepsi pernikahan.

Sebelumnya, yang bersangkutan dikabarkan pernah mengisi acara pernikahan yang berlokasi di salah satu masjid di Pacitan. Sementara di acara tersebut, pasien positif COVID-19 nomor 01 hadir di acara tersebut. Namun berita ini, masih perlu klarifikasi lebih jauh lagi.

Yang pasti sebagaimana imbauan gugus tugas, agar masyarakat jangan panik. Tetap ikuti protokol kesehatan, diantaranya selalu pakai masker ketika keluar rumah. Lain itu, jaga jarak fisik (physical distancing) ketika melakukan interaksi sosial.

Sementara, mengutip data yang dihimpun oleh Satgas COVID-19 Pacitan per Sabtu (2/5/2020) pukul 15.00 WIB, Satgas COVID-19 Pacitan telah memantau sebanyak total 19.565 orang.

Dari total jumlah pantauan tersebut, sebanyak 18.932 berstatus orang sehat dengan risiko (ODR). Kemudian sebanyak 543 berstatus orang dalam pemantauan (ODP), dan sebanyak 9 pasien dalam pengawasan (PDP), dengan rincian 3 PDP masih dipantau, 2 PDP meninggal dunia dan 4 PDP selesai dipantau.

Selain itu, Satgas COVID-19 Pacitan juga telah mendata sebanyak 75 orang tanpa gejala (OTG) dan 6 pasien dinyatakan positif COVID-19.  

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan

Pantauan sebaran COVID-19 Pacitan per Sabtu (2/5/2020)

No More Posts Available.

No more pages to load.