Puskesmas Candi Jemput Satu PDP Pacitan yang Pulih

oleh -13604 views
Petugas berpakaian APD lengkap berupa baju hazmat mendorong tempat tidur beroda tempat pasien berstatus dalam pengawasan Corona menuju ruang isolasi RSUD dr. Iskak Tulungagung, Jumat (13/3/2020) (ANTARA/Destyan Handri Sujarwoko)

Pacitanku.com, PACITAN –  Usai munculnya kabar pulihnya satu pasien dalam pengawasan (PDP) asal Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, petugas Pusat Kesehatan Masyrakat (Puskesmas) Desa Candi Kecamatan Pringkuku langsung mengirim satu unit ambulance pusat kesehatan keliling untuk menjemput pasien tersebut, Selasa (24/3/2020) sore WIB.

Diketahui, pasien berusia 44 tahun tersebut sempat dirawat di RSUD dr Iskak Tulungagung sejak Jumat (13/3/2020) malam lalu atau selama kurun waktu sekitar 11 hari.

“Allhamdulilah, ibu X yang kemarin dirawat intensif ke Tulungagung dinyatakan pulih, dan sore ini sudah proses penjemputan. Semoga ini menjadi semangat buat semuanya, bahwa bersama kita bisa menghindari virus ini dan bisa sembuh.” ujar salah satu tim medis puskesmas desa candi yang enggan disebutkan namanya, Selasa (24/3/2020).

Baca juga: Satu PDP Pacitan Dinyatakan Pulih

Pantauan pewarta di lapangan, ambulans penjemput PDP saat ini sudah mulai berangkat dari kota Pacitan menuju Kabupaten Trenggalek. Dan kemungkinan besok pagi pasien sudah tiba di desa candi Kabupaten Pacitan.

Tim medis tersebut juga tak lupa berpesan kepada masyarakat untuk mematuhi instruksi pemerintah terkait social distancing.

“Mari kita patuhi instruksi pemerintah untuk lakukan social distancing. Hindari kerumunan massa. Seperti hajatan, acara acara keagamaan yang sifatnya kumpul banyak orang mohon dihindari dulu. 15 hari saja , mari kita menahan diri. Sayangi keluarga kita lingkungan kita,”katanya kepada pewarta, saat dihubungi melalui telepon seluler.

Diberitakan sebelumnya pada Jumat (13/3/2020) lalu, RSUD dr Iskak Tulungagung menerima seorang pasien rujukan dari RSUD dr Darsono Pacitan.

Pasien yang diterima tersebut berstatus PDP COVID-19 dengan gejala batuk, pilek disertai demam dengan riwayat barusan perjalanan dari Hong Kong dan sempat transit di Singapura.

Baca juga: Seorang Pasien asal Pringkuku Dirawat di Ruang Isolasi RSUD dr Darsono Pacitan

Pasien yang diangkut mobil ambulans khusus dari RSUD dr Darsono Pacitan itu mulai dirawat di RSUD dr Iskak Tulungagung sejak Jumat (13/3/2020) malam.

Pasien perempuan tersebut sudah melakukan tes laboratorium, dalam hal ini tes swab tenggorokan yang dilakukan di Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan (Litbangkes Kemenkes) RI.

Pewarta: Julian Tondo/Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan