Seorang Pasien asal Pringkuku Dirawat di Ruang Isolasi RSUD dr Darsono Pacitan

oleh -132.394 views
Plt Kepala Dinas Kesehatan T Hendra Purwaka. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN –  Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Pacitan Trihariadi Hendra Purwaka meminta masyarakat tidak terlalu panik. Hal itu terkait beredarnya kabar di media sosial adanya tenaga kerja wanita (TKW) asal Kecamatan Pringkuku yang diduga terinfeksi coronavirus disease 2019 (COVID-19) setelah pulang dari Hongkong.

Menurut pria yang akrab disapa Hendra itu, memang benar tiga hari lalu, pasien tersebut mengalami sakit dan dirawat di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Candi. Akhirnya pada Jumat (13/3/2020) hari ini, yang bersangkutan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Darsono Pacitan.

“Saat ini masih dilakukan observasi. Jadi belum ada kejelasan apakah pasien tersebut suspect virus corona ataukah tidak,” kata Hendra saat dihubungi melalui ponselnya, Jumat (13/3/2020).

Hendra menegaskan, jika dalam observasi nanti ditemukan pneumonia atau infeksi paru-paru yang mengarah ke COVID-19, tentu pihak RSUD dr Darsono akan segera merujuk pasien tersebut ke rumah sakit rujukan yang telah ditunjuk, yakni Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) dr Soedono Kota Madiun.

Sebagai informasi, RS dr Soedono Kota Madiun ditunjuk sebagai salah satu tempat rujukan menangani pasien yang terpapar COVID-19 di Jawa Timur.

“Saat ini pasien masih dirawat di ruang isolasi RSUD dr Darsono Pacitan. Rencananya memang akan dirujuk, tapi saat ini masih diobservasi,” terangnya.

Baca juga: Terkait COVID-19, Indartato Pantau Ruang Isolasi di RSUD dr Darsono Pacitan

Menurut Hendra, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemprov Jatim dan juga rumah sakit dr Soetomo Surabaya. “Kalau hasilnya positif segera kita rujuk ke Madiun,”tegasnya.

Lebih lanjut Hendra mengungkapkan, saat ini di RSUD dr Darsono Pacitan memang belum memiliki peralatan untuk penanganan COVID-19. “Ruang isolasi dan tim medis yang sudah kita siapkan. Untuk peralatan safety virus corona memang belum ada,”pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, RSUD dr Darsono Pacitan telah menyiagakan ruang isolasi khusus sebagai langkah antisipasi khusus pasien COVID-19. Selain ruang isolasi, RSUD terbesar di Kabupaten Pacitan tersebut juga menyiapkan mobil ambulans untuk pasien rujukan.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan