Terkait COVID-19, Indartato Pantau Ruang Isolasi di RSUD dr Darsono Pacitan

oleh -13474 views
PANTAU. Bupati Indartato memantau ruang isolasi di RSUD dr Darsono Pacitan, Rabu kemarin. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indartato melakukan pemantauan ruang isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Darsono Pacitan sebagai salah satu langkah antisipasi virus corona (COVID-19) yang mulai masuk ke Indonesia.

Baca juga: Bupati Pacitan Tinjau Kesiapan RSUD dr Darsono Antisipasi COVID-19

Untuk diketahui, sebagai salah satu langkah antisipasi, walaupun Pacitan sampai saat ini nihil kasus corona, namun RSUD dr. Darsono telah menyiagakan ruang isolasi khusus.

“Ini merupakan bentuk antisipasi dan semoga tidak ada kasus corona di Pacitan” kata Bupati Indartato saat meninjau ruang isolasi RSUD dr. Darsono, Rabu (04/02/2020) seperti dikutip dari siaran pers Humas Pemkab Pacitan.

Selain memantau ruang isolasi dan kesiapan dan kelengkapan fasilitas khusus tersebut , Indartato juga melakukan pemeriksan mobil ambulan yang disiagakan untuk pasien rujukan.

Menurutnya, kesiapan fasilitas ini sebagai langkah antisipasi. Yang terpenting adalah pencegahan dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat.

“Akan ada instruksi bupati kepada seluruh jajaran mulai dari camat Sampai kepala desa serta puskesmas untuk menyosialisasikan kepada masyarakat” pungkasnya.

Sementara, dr. Royani, Sp.P, penanggungjawab poliklinik paru RSUD dr Darsono memberikan penjelasan bahwa salah satu membentengi diri dari ancaman virus corona adalah membentuk anti bodi yang kuat.

“Caranya, dengan menjaga stamina yang ditunjang dengan makanan bergizi dan seimbang serta menjaga pola hidup bersih dan sehat. Seperti, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun,”katanya.

Sementara itu, guna antispasi masuknya serangan COVID-19 ke Pacitan, pada Ahad (8/3/2020) nanti Bupati Pacitan juga akan melaksanakan kampanye hidup bersih dan sehat bertajuk #PacitanSehat.

Sebelumnya, Bupati Indartato juga sudah menunjuk pelaksana tugas Dinas Kesehatan Pacitan sebagai bagian dari langkah antisipasi virus membahayakan tersebut. Adapun Plt yang ditunjuk Bupati menggantikan dr Eko Budiono adalah dr Trihariadi Hendra Purwaka.