Bupati Pacitan Tinjau Kesiapan RSUD dr Darsono Antisipasi COVID-19

oleh -13346 views

Pacitanku.com, PACITAN— Virus Corona (COVID-19) sudah merambah Indonesia. Bahkan dua warga Depok, Jawa Barat yang masih ibu dan anak, dinyatakan positif terpapar virus yang awalnya berasal dari Wuhan, Tiongkok tersebut.

Di Pacitan, sebagai langkah kesiapan antisipasi COVID-19, Bupati Indartato melakukan sidak ke RSUD dr Darsono yang merupakan rumah sakit terbesar di Pacitan.

Menurut keterangan sekretaris Kabupaten (Sekkab Pacitan) Heru Wiwoho Supadi Putro Bupati Indartato pada Rabu pagi melakukan sidak ke RSUD dr Darsono guna meninjau kesiapan penanganan kasus covid-19 tersebut.

“Pak Bupati melakukan peninjauan kesiapan rumah sakit seandainya ada pasien yang terpapar covid-19. Termasuk penyediaan ruang isolasi, kesiapan tenaga medis serta obat-obatan,” katanya, Rabu (4/3/2020)..

Tak hanya itu, bupati juga meminta kejelasan soal alur rujukan bagi pasien covid-19.

“Untuk rumah sakit rujukan ditunjuk, Rumah Sakit Umum Provinsi, dr Soedono, Madiun,” tandas Heru.

Heru Wiwoho (Sekkab Pacitan). Foto: Yuniardi Sutondo

Sementara itu, guna antispasi masuknya serangan COVID-19 ke Pacitan, pada Ahad (8/3/2020) nanti Bupati Pacitan juga akan melaksanakan kampanye hidup bersih dan sehat bertajuk #PacitanSehat.

“Kegiatan tersebut bersamaan dengan acara car free day,” pungkasnya.

Sebelumnya, Bupati Indartato juga sudah menunjuk pelaksana tugas Dinas Kesehatan Pacitan sebagai bagian dari langkah antisipasi virus membahayakan tersebut. Adapun Plt yang ditunjuk Bupati menggantikan dr Eko Budiono adalah dr Trihariadi Hendra Purwaka.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan