Puncak Penyebaran Covid-19 Diperkirakan Mei Nanti, Dandim Pacitan Ikut Membantu Pemerintah Tangkal COVID-19

oleh -13515 views

Pacitanku.com, PACITAN -Masa puncak penyebaran coronavirus (covid-19) diperkirakan akan berlangsung pada Mei 2020 nanti. Hal tersebut merujuk simulasi pemodelan yang dilakukan pemerintah.

Perlu diketahui, awal kali sebaran virus dari Wuhan, Tiongkok tersebut resmi diumumkan pemerintah pada 2 Maret lalu. Praktis apabila dalam simulasi pemodelan tersebut dihitung selama 60-80 hari terjadinya masa puncak sebaran, dapat disimpulkan puncak penyebaran covid-19, akan berlangsung pada Mei mendatang.

Komandan Kodim (Dandim) 0801 Pacitan, Letkol (Inf) Nuri Wahyudi mengatakan, secara institusional pihaknya tetap mengacu instruksi dari komando atas.

Namun begitu, pihaknya secara intensif akan ikut serta membantu pemerintah dalam upaya pencegahan covid-19 ini.

“Kita tetap ikut berperan aktif membantu pemerintah dalam menanggulangi penyebaran coronavirus ini,” ujar Dandim Nuri, saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Jumat (13/3/2020).

Soal penanganan teknisnya, Nuri menegaskan, sepenuhnya itu ranah instansi terkait di daerah yakni Dinas Kesehatan berserta perangkat yang ada.

“Kami selalu melakukan koordinasi seandainya terjadi perkembangan apapun terkait coronavirus. Namun untuk teknis selanjutnya, itu kewenangan instansi terkait,” tegasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan