Pendaftar CPNS Pacitan Didominasi Peserta dari Dalam Kota

oleh -13787 views
Suasana SKD CPNS Pacitan pada Kamis (15/11/2018). (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan Supomo mengatakan peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) lingkup Pemkab Pacitan didominasi peserta dari dalam kota Pacitan.

Menurut Supomo, dari jumlah 340 formasi yang dibuka di Kabupaten Pacitan, 35% diantaranya diisi oleh peserta dari luar kota Pacitan, sisanya 65% adalah pelamar dari putra daerah.

Supomo mengatakan, dari hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan diambil tiga peserta untuk selanjutnya mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Tes SKD untuk Pacitan sendiri sudah dilaksanakan pada Jumat (21/2/2020) hingga Senin (24/2/2020) lalu di di Gedung Expotorium Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Jalan Budi Utomo nomor 10 Ronowijayan, Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo

“Dari sekian formasi akan diambil 3 untuk mengikuti SKB,”kata Supomo, seperti dikutip dari laman Pemkab Pacitan, Sabtu (7/3/2020).

Untuk Jadwal SKB, kata Supomo, masih menunggu jadwal dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang dimungkinkan akan digelar Maret 2020 ini,

“Kapan tanggalnya masih belum ada informasi dari pemerintah pusat (Badan Kepegawaian Negara/BKN,”ujar Supomo.

Lebih lanjut, Supomo mengatakan tahapan SKB dikabarkan tidak jauh berbeda dari tahapan pertama. Namun sesuai namanya, seleksi lebih spesifik pada teknis bidang yang dilamar. Mengenai lokasi tes di tahap kedua tersebut juga masih menunggu informasi dari BKN.

Panitia kabupaten kembali menegaskan bahwa seluruh mekanisme penerimaan CPNS adalah mutlak wewenang pemerintah pusat, panitia kabupaten hanya memfasilitasi segala sesuatu yang bersifat persyaratan.

Sebagai informasi, jumlah total pendaftar CPNS di Kabupaten Pacitan tahun 2019 sebanyak 5.459 orang. Dari total pendaftar tersebut, sebanyak 5.059 peserta lolos administrasi, sedangkan 400 pendaftar tidak lolos administrasi.

Setelah tahapan tersebut, sebanyak 170 pelamar CPNS  melakukan sanggahan terhadap hasil seleksi administrasi. Adapun hasilnya, yang lulus sanggah dan berhak mengikuti tes SKD sebanyak 27 pelamar, sedangkan 143 pelamar dalam sanggahan ditolak, sehingga tidak lulus. Sehingga peserta yang berhak mengikuti tes SKD berjumlah 5.086 peserta.

Namun dalam perjalananya, sebanyak 3 peserta memilih tidak mengikuti ujian SKD, sehingga total peserta tes SKD CPNSD Pacitan tahun 2019 sebanyak 5.083.

Sementara, dalam siaran pers dari BKN, untuk SKD akan diumumkan serentak pada tanggal 22-23 Maret 2020.

Adapun peserta yang lolos ke tahap SKB yaitu mereka yang nilainya termasuk 3 kali formasi setelah perankingan.

Hal ini disesuaikan dengan Permenpan Nomor 23 Tahun 2019 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi CPNS Tahun 2019 dan Permenpan Nomor 24 Tahun 2019 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan CPNS.