Ini Persyaratan dan Tata Cara Daftar CPNS Sesuai Jurusan

oleh
Ilustrasi Tes CPNS

Pacitanku.com, PACITAN – Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) dibuka mulai Rabu (26/9/2018). Untuk mendaftar, pelamar perlu mengetahui sejumlah persyaratannya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, dokumen administrasi yang perlu disiapkan pelamar CPNS 2018 tenaga profesional sebagai berikut:

  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi Ijazah dan Transkip Nilai yang telah dilegalisir
  3. Surat keterangan akreditasi dari BAN PT.
  4. Pas foto terbaru ukuran 4×6 cm sebanyak 4 lembar dengan latar belakang merah.

Dokumen tambahan bagi lulusan DIII dan SMA/sederajat:

  1. Materai Rp 6.000
  2. Fotokopi KTP
  3. Fotokopi ijazah/STTB
  4. Fotokopi ijazah SLTA

Pemerintah membuka 238.015 formasi pada seleksi CPNS tahun ini. Dari jumlah tersebut, sekitar 51.271 CPNS akan ditempatkan di 76 Kementerian atau Lembaga (K/L).

Sedangkan, sebanyak 186.744 CPNS bakal ditempatkan di instansi Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia.

Mengutip laman Badan Kepegawaian Negara (BKN), Selasa (25/9/2018), usia minimal pelamar CPNS adalah 18 tahun dan maksimal 35 tahun pada saat melamar. Hal ini sesuai dengan PP Nomor 11 Tahun 2017.

Satu hal yang perlu dicatat juga bagi pelamar CPNS, Anda hanya diperbolehkan memilih satu jabatan pada satu formasi di satu instansi. Oleh karena itu, pastikan pilihannya sesuai dengan persyaratan pelamar.

Cara daftar sesuai jurusan kuliah

Badan Kepegawaian Negara (BKN) memfasilitasi pelamar CPNS agar lebih mudah memilih formasi sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Melalui laman https://sscn.bkn.go.id/lowongan, pelamar CPNS bisa mengisi latar belakang pendidikan, jabatan, instansi, hingga lokasi formasi CPNS 2018 yang diinginkan.

Mengutip laman tersebut, Selasa (25/9/2018), calon pelamar bisa langsung mengisi masing-masing kolom tersebut. Misalnya, untuk kolom pendidikan calon pelamar CPNS bisa mengisi tingkat pendidikan yang diikuti oleh jurusan seperti S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Hanya dengan mengisi latar belakang pendidikan sesuai format tersebut, maka calon pelamar bisa langsung mengetahui formasi CPNS yang dibuka.

Formasi yang ditampilkan pada laman pencarian tersebut juga bisa dimodifikasi, antara lain umum, penyandang disabilitas, putra/putri Papua dan Papua Barat, lulusan terbaik, diaspora, dan atlet berprestasi.

Setelah mengisi kolom tersebut, calon pelamar bisa melanjutkan pencarian dan formasi CPNS yang sesuai dengan latar belakang pendidikan ditampilkan. Calon pelamar CPNS juga bisa mengunduh detail lowongan CPNS sesuai keinginannya baik di pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.