Ini Dia Alasan Pacitan Raih Tanda Kehormatan Parasamya Purnakarya Nugraha

oleh -10964 views
JLS Pacitan. (Dok.Pacitanku)
JLS Pacitan. (Dok.Pacitanku)
JLS Pacitan dekat Laut Taman
JLS Pacitan dekat Laut Taman, salah satu infrastuktur jalan yang terus dibangun. (Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, JAKARTA – Kabupaten Pacitan terpilih untuk pertama kalinya mendapatkan tanda kehormatan Parasamya Purnakarya Nugraha dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Jumat (25/4/2014) kemarin di Jakarta.

Ada beberapa alasan mengapa Kabupaten yang berada di wilayah paling selatan jawa Timur ini mendapatkan penghargaan tersebut, diantaranya adalah konsistensi Pacitan untuk terus membangun daerahnya dari berbagai sektor pembangunan.

“Penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha berbeda dengan penghargaan lainnya karena penilaiannya dilakukan secara menyeluruh, tidak terfokus pada satu aspek saja. Penilaian dilakukan oleh banyak kementerian,” kata Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Jumat (25/4/2014), seperti dilansir Tempo.

Mantan Gubernur Sumatera Barat ini menyebut bahwa para pemenang harus menjadi daerah yang konsisten memiliki kinerja terbaik selama tiga tahun berturut. Pemerintah daerah tersebut harus mampu menjalankan 34 urusan kewenangan dari pusat ke daerah yang mencakup sekitar 600 item.

Terpisah, direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri , Djohermansyah Djohan menyatakan beberapa kota besar sebelumnya masuk dalam nominasi tetapi gagal, termasuk DKI Jakarta. Menurut dia, Kota Jakarta, Bojonegoro, Bantaeng, Bandung, dan Surabaya prestasinya belum merata. Menurut dia, kota-kota tersebut masih bersifat sektoral dan belum berprestasi selama tiga tahun berturut.

Penilaian tersebut didasarkan pada data Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah dengan menggunakan kriteria Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah. Selain itu, Kemendagri juga menerapkan aplikasi Common Sense Survey pada daerah yang masuk nominasi berkinerja paling tinggi melalui kunjungan lapangan.

Penilaian ini didukung Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi, Kementerian Keuangan, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Sekretaris Negara, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, Kepala Badan Kepegawaian Negara, Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, Kepala Badan Pusat Statistik dan Kepala Lembaga Administrasi Negara.

Seperti diketahui, perkembangan pembangunan di Pacitan dalam kurun waktu tiga tahun terakhir terus meningkat. Selain pembangunan PLTU di Sudimoro, pembangunan infrastuktur di beberapa titik di Pacitan dinilai menjadi faktor utama Pacitan mendapatkan penghargaan prestisius ini.

Redaktur : Dwi Purnawan