Ini Dia Cara Asyik Camping di Pantai Klayar Pacitan

oleh
Camping di Klayar (Foto : TravellerKaskus)
Camping di Klayar (Foto : TravellerKaskus)
Pasir putih dan ombak Pantai Klayar (Dok.Pacitanku)
Pasir putih dan ombak Pantai Klayar (Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITANPantai Klayar yang menjadi obyek wisata unggulan di Pacitan memang menawarkan pesona pantai yang luar biasa indah. Mulai dari ombaknya yang mmebiru, karang – karangnya yang keras dan menawarkan sejuta pesona keindahan tersendiri, hingga pasir putih dan biota laut yang membuat mata ini betah berlama – lama di pantai yang terletak di Desa Sendang, Donorojo ini.

Nah, untuk menikmati keindahan pantai Klayar, jika hanya sebentar akan terasa sangat kurang, sehingga memerlukan waktu beberapa jam sampai berhari – hari di sana. Salah satu cara alternatif untuk menikmati keindahan pesona pantai ini adalah dengan mengadakan camping bersama keluarga atau teman di sini.

Jelang akhir pekan ini, Portal Pacitanku sedikit berbagi tips tentang bagaimana cara menikmati Klayar dengan cara menginap di kawasan pantai ini. Yang pertama tentu siapkan selengkap mungkin perbekalan anda selama camping, tenda, tali, tas ransel, pakaian pantai, pakaian malam, alat masak, makanan ringan hingga kamera yang tentu menjadi alat utama untuk mengabadikan momen terindah anda di pantai elok ini.

Selanjutnya yang perlu disiapkan adalah kendaraan yang kuat, dikarenakan medan menuju ke kawasan ini lumayan sulit, apalagi bagi yang baru perdana menuju kesana, diperlukan kendaraan yang tahan segala medan.

Setelah perbekalan dan kendaraan disiapkan, saatnya anda menuju ke pantai Klayar dengan nyaman. Dan begitu sampai di Klayar, beberapa catatan yang perlu diperhatikan adalah, jangan pernah melakukan aktivitas berenang di pantai ini, karena pantai ini sangat berbahaya untuk melakukan aktivitas satu ini. Daripada berenang, mending anda bermain dengan biota laut yang lucu – lucu yang kadang muncul di permukaan tepian bebatuan pantai, ini lebih keren.

Satu hal yang perlu diperhatikan saat camping di Pantai ini adalah, bahwa disini sudah ada guest house yang bisa menampung 7 kamar da nada makanan khas pantai, listrik juga sudah tersalurkan di pantai ini. Namun untuk sinyal handphone, beberapa provider masih belum masuk ke area ini, sehingga jika ingin menelepon atau update status facebook, anda perlu naik ke kawasan bukit di atas pantai.

Camping Time

Sekarang saatnya anda mempersiapkan camping indah anda bersama teman – teman. Perlu dicatat, bahwa view yang paling elok di pantai ini adalah sore menjelang matahari terbenam, kira – kira sekitar pukul 16.00-17.30 dan pagi saat menjelang matahari terbit, sekitar pukul 05.00-06.30 WIB. Jadi ketika ingin menginap, usahakan datang ke pantai Klayar sekitar pukul 16.00 WIB, nikmati dulu pemandangan sore pantai Klayar, setelah puas, baru dipersiapkan untuk campingnya.

Saran kami, saat mempersiapkan pembuatan tenda dan kawan – kawan, tempat yang paling pas adalah di area atas dekat pohon – pohon pantai, yang bukan pasir putih. Alasannya adalah karena area ini lebih nyaman dan anda tidak khawatir terkena ombak pasang pantai Klayar.

Setelah tenda terpasang dan perbekalan siap, maka sekarang adalah saatnya camping. Saat malam hari, nuansa cerah dengan ditemani rembulan malam, adalah saat – saat yang pas bagi anda untuk saling berbagi dengan teman – teman, dengan membakar ikan dan masak bareng, adalah saat – saat yang sangat romantic bagi anda dan teman – teman anda untuk bercengkerama. Desiran ombak malam berpadu dengan jangkrik – jangkrik yang terus menyanyi, menjadikan malam camping anda di Klayar lebih syahdu.

Setelah puas makan ikan bakar dan bercengkerama, tiba saatnya bagi anda dan teman – teman untuk kembali ke peraduan, tidur malam. Eit, tapi sebelum tidur usahakan anda menyebar garam di sekeliling tenda, mengantisipasi ada hewan – hewan liar yang masuk ke tenda anda. Selain itu, usahakan ada yang piket jaga, agar bisa melihat kondisi sekeliling, yang memang area ini cukup sepi saat malam hari.

Nah, tiba saatnya di pagi hari, setelah semalaman berpuas – puas menikmati malam syahdu, anda akan berjumpa dengan pemandangan elok pantai klayar saat pagi. Silahkan anda berkunjung ke beberapa spot berikut untuk mendapatkan dokumentasi terbaik anda, yaitu di batu karang sphinx, kemudian di area seruling samudera, dan area tengah antara karang sphinx dengan area seruling samudera. Bisa juga anda mendapatkan spot terbaik mengambil gambar di area timur pantai klayar. Area – area tersebut adalah area yang sangat bagus untuk mengabadikan momen terindah anda selama di pantai Klayar.

Terakhir, setelah selesai camping, anda silahkan berkemas – kemas, dan jangan lupa sampah – sampah yang berserakan, termasuk nyala api dipadamkan dan dibersihkan. Masukkan sampah – sampah bekas tersebut ke dalam tas kresek, buang sampah yang berserakan itu ke dalam tempat sampah yang disediakan.

Nah, itu kiranya cara menikmati camping di Klayar. Selamat menikmati keindahan pesona pantai Klayar, hanya ada di Pacitan.