Fenomena Keindahan Lain Pantai Klayar, Dari Biota Laut Sampai Gradasi Warna yang Memukau

oleh -13746 views
Tebing Karang (Dok.Pacitanku)
Tebing Karang (Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, DONOROJO—Mengupas keindahan obyek wisata yang satu ini seakan tak pernah ada habisnya. Ya, Pantai Klayar selalu menyajikan pesona alam yang lengkap disetiap jengkal pantainya. Hampir disetiap sudut dan titik di sepanjang perairan lau pantai Klayar ini menyajikan hamparan lukisan dan mahakarya Ilahi yang indah dan selalu menarik untuk dituliskan dengan kata – kata.

Redaksi Portal Pacitanku kali ini akan menyajikan sisi lain dibalik keindahan Pantai yang terletak di Dusun Sendang, Kecamatan Donorojo ini, selain yang sudah diberitakan sebelumnya.

Gradasi Warna Langit dan Laut

Pantai Klayar (Dok Pacitanku)
Pantai Klayar (Dok Pacitanku)

Jika kita cermati, ada satu fenomena menarik saat kita melihat dan mengabadikan pantai ini saat cuaca sedang terik atau saat siang hari. Dalam kondisi ini, kita bisa menyaksikan perpaduan dua warna beda jarak, yakni laut dan langit yang sungguh serasi dan elok dipandang dengan mata telanjang. Perpaduan tersebut adalah warna hijau tosca untuk laut di dekat batu karang sphinx yang berpadu indah dengan angkasa yang juga berwarna biru muda, dan perlahan semakin keatas, corak warna langit semakin biru tua. Sungguh ini merupakan fenomena unik yang menarik untuk disaksikan.

Pasir Hitam Pantai Klayar

Pasir Hitam Pantai (Dok.Pacitanku)
Pasir Hitam Pantai (Dok.Pacitanku)

Agak aneh memang menyebut pantai ini dengan pantai hitam, karena hamper semua sisi pantai memiliki corak pasir khas pantai selatan yang berwarna putih atau krem. Namun jika kita amati dengan teliti, ada beberapa titik di pantai ini yang mengandung unsur pasir hitam, yakni di sebelah selatan atau di dekat batuan karang sphinx. Warna pasir pantai yang hitam di pantai ini disebabkan batuan banyak mengandung tanah alluvial, jadi jangan heran jika di pantai berpasir putih ini, masih ada beberapa titik yang berpasir hitam. Dan ini merupakan pemandangan yang unik dari pantai Klayar ini.

Biota Laut

Biota Laut Klayar (Dok.Pacitanku)
Biota Laut Klayar (Dok.Pacitanku)

Jika anda mengunjungi pantai ini saat pagi hari atau menjelang lembayung senja, di bagian tengah pantai ini akan terlihat pemandangan unk, lucu dan menggemaskan, karena terdapat ribuan biota laut yang sedang asyik bermain dengan beningnya air laut. Kadang berbagai biota laut ini Nampak sesekali muncul ke permukaan, dan dengan lucunya kadang juga berlarian saat para manusia mendekatinya untuk sekedar menyapa.

Atau ada juga yang malu – malu kucing bersembunyi dibalik bebatuan, tapi karena terlalu besar, bagian ekornya masih kelihatan, dan ini yang membuat pemandangan Klayar semakin seru dan menyenangkan.  

Namun jangan sampai kita mengambil biota – biota dan hewan laut Klayar ini, biarkan mereka berada di alam bebas dan menjadikan pelengkap harmoni Pantai Klayar.

Seruling Samudera

Seruling Samudera
Seruling Samudera

Kalau ini mungkin sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan, karena merupakan ciri khas dari pantai ini. Sudah sering dalam tulisan sebelumnya dibahas mengenai fenomena blow pipe ini, dan sayang sekali jika anda ke Pantai Klayar namun tak merasakan semburan dahsyatnya. Namun disarankan untuk menuju ke kawasan ini anda dibantu oleh pemandu wisata setempat, karena zona ini termasuk kawasan terlarang Pantai Klayar.

Tebing Karang Kokoh

Tebing Karang (Dok.Pacitanku)
Tebing Karang (Dok.Pacitanku)

Karena Pantai Klayar termasuk kawasan Karst di Pantai Selatan, pemandangan tebing – tebing karst nan kokoh ini bisa dijumpai di hamper semua penjuru pantai Klayar. Dari tebing yang menjulang tinggi mirip patung Sphinx di Mesir, sampai tebing berbentuk gapura yang elok untuk disaksikan. Pun ada juga bagian karang yang agak landai sehingga bisa anda gunakan untuk istirahat sejenak sembari menikmati pemandangan laut selatan yang indah dipandang mata.

Paduan Warna Hijau Tosca dan Biru Laut

Perpaduan warna hijau biru Pantai Klayar (Dok.Pacitanku)
Perpaduan warna hijau biru Pantai Klayar (Dok.Pacitanku)

Pemandangan menarik ini sebenarnya bisa dinikmati dihampir semua pantai yang memiliki palung laut, namun demikian, pesona perpaduan warna hijau tosca di bagian utara pantai tetap menyajikan fenomena unik yang sayang untuk tak kita lihat. Warna hijau tosca adalah bagian laut yang dangkal, sedangkan warna biru adalah bagian laut yang dalam. Pemandangan unik pantai Klayar ini bisa disaksikan dengan sepuasnya di bagian utara Pantai.

Nah, demikian beberapa fenomena unik Pantai Klayar yang bisa kita saksikan saat kita berkunjung ke salah satu obyek wisata unggulan di Pacitan tersebut. Selamat menikmati keindahan Pantai Klayar kawan. Selamat berlibur.

Redaktur : Dwi Purnawan