Menikmati ‘Keajaiban’ Seruling Unik Khas Pantai Klayar

oleh -131.139 views
Seruling Samudera
Seruling Samudera
Seruling Samudera
Seruling Samudera

Pacitanku, DONOROJO—Pantai Klayar adalah salah satu pesona tak terlupakan di perairan Pacitan. Pantai yang terletak di Desa Sendang, Donorojo ini menjadi fenomena keajaiban alam ciptaan Tuhan yang mungkin terkenang sepanjang hayat. Mulai dari pasir putihnya, lautnya yang membiru, tanah lotnya yang berdiri tegak perkasa, sampai lembayung senja nan elok memanjakan siapa pun yang menikmatinya, semuanya pasti bersepakat, bahwa Klayar adalah mahakarya ciptaan Tuhan yang luar biasa.

Salah satu yang menjadi keunggulan Pantai yang berada di wilayah Samudera Indonesia ini adalah gugusan endapan batu gisik (beach rocks) yang berdiri gagah sekali. Terbentang membaur dengan ombak yang menggulung tebal paralel. Arus laut terlihat kuat menyisakan buih yang mencumbu bibir pantai.

Dan yang paling menarik adalah atraksi sempurna dengan sensasi seruling samudera yang bersembunyi di balik cekungan-cekungan tebing. Seruling samudera adalah sebuah tempat yang mirip dengan celah, berpadu dengan semburan air laut di celah – celah karang Klayar.

Pantai berpasir putih ini memiliki keistimewaan di antara celah karang dan deburan ombak yang melambai yang bisa berbunyi seperti seruling laut. Kemudian Pantai ini juga memiliki pasir putih dan air berwarna biru yang menyenangkan untuk dikunjungi dan di nikmati. Di samping itu juga ada air mancur alam, dimana air mancur ini terjadi karena gelombang tekanan udara di laut yang menghantam batu batuan berongga.

Ketinggian air mancur yang dapat mencapai sekitar 10 meter dan bisa menghasilkan gerimis dan embun air laut yang mempesona. Ketika ombak kencang datang, cekungan ini memancarkan air setinggi lebih dari 5 meter. Jika angin bersahabat, ia pun akan mengeluarkan tiupan serupa bunyi suling bambu. Berdirilah di atas cekungan tadi, maka tubuh akan bergetar tersiram semburan air laut dalam interval 5-10 detik.

Namun untuk menuju ke kawasan seruling samudera ini, anda tidak diperbolehkan sendirian, karena kawasan ini masuk ke zona terlarang pantai Klayar. Banyak korban berjatuhan di sini, bahkan beberapa orang sampai tidak ditemukan. Yang membuat bahaya adalah karena posisi karang yang menjulang di area ini langsung berbatasan dengan palung laut yang dalam, sehingga bagi yang terlena dengan kondisi ini dan sedang berada di area tersebut, akan langsung terseret ombak palung laut Klayar.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, Pemerintah setempat membuat pengamanan di area tersebut dengan cara memasang spanduk peringantan dan pagar – pagar kecil. Selain itu pihak pengelola Klayar juga menyediakan Guide untuk membantu anda menuju ke kawasan seruling samudera ini. Anda cukup memberikan imbalan sepantasnya, maka sang guide (biasanya dua orang) akan menemani perjalanan anda menikmati Tanah Lot dan seruling samudera Pantai Klayar.

Bagi yang mencintai dunia fotografi, lokasi puncak bukit bagian timur yang merupakan tanah lot yang berada di kawasan seruling Laut adalah titik terbaik untuk mengabadikan Klayar. Perlu sedikit memanjat memang. Namun segera terbayar seketika melemparkan pandangan dengan gradasi laut hijau toska, berkolaborasi harmonis dengan topografi karst.

Mau menikmati sensasi semburan seruling samudera, datang saja ke Pantai yang berjarak 19 Km dari jalur Solo-Pacitan. Lelah memang perjalanan menuju ke area ini, namun lelah dan capek itu akan terbayarkan seketika, setelah menikmati semburan seruling samudera Klayar.