Prospektif, Bina Marga Usulkan Perubahan Status Jalan di Pacitan

oleh -13734 views
Jalur Pacitan Tulakan
Jalur Pacitan Tulakan
Jalur Pacitan Tulakan
Jalur Pacitan Tulakan

Pacitanku.com, PACITAN – Tersedianya sarana dan prasarana transportasi, memegang perananan penting dalam memacu pertumbuhan ekonomi dan perkembangan suatu wilayah. Karena itu, potensi dikawasan strategis dapat dikembangkan secara optimal jika akses distribusi barang dan jasa dapat berjalan lancar.

Sekretaris Dinas Bina Marga Dan Pengairan, Kabupaten Pacitan, Untung Aryadi mengatakan, salah satu wilayah di Pacitan yang potensial dikembangkan yaitu kawasan pelabuhan niaga. Kedepan, kawasan tersebut diharapkan bisa bersinergis dengan Jalur Lintas Selatan (JLS). “Kawasan tersebut diharapkan bisa berkembang pesat. Sehingga akan menjadi pintu gerbang Indonesia di bagian Selatan,” ujarnya, Rabu (23/10).

Lebih lanjut, Untung mengungkapkan, Kabupaten Pacitan memiliki kawasan bentang alam batu gamping, yang ditetapkan sebagai kawasan Geopark Nasional. Sebab itu, lanjut dia, sebagai kawasan yang menjadi asset Nasional tentunya harus didukung dengan infrastruktur memadai, utamanya infrastruktur jalan.

Mengingat pentingnya peran infrastruktur jalan dalam pengembangan kawasan pelabuhan niaga dan kawasan geopark sebagai aset nasional, maka perlu dilakukan perubahan status jalan yang mendukung akses kawasan tersebut. Yakni, dari jalan kabupaten menjadi jalan strategis nasional. “Saat ini tengah proses usulan. Diharapkan tahun depan sudah ada realisasinya,” katanya.

Adapun beberapa ruas jalan yang diusulkan perubahan status dari jalan kabupaten menjadi jalan strategis nasional diantaranya, akses jalan pariwisata yang meliputi Jalan Punung-Kalak, Jalan Sendang-Pantai Klayar, dan Jalan Dersono-Kalak. Akses perbatasan provinsi yaitu, Jalan Wareng-Mukus. Akses ekonomi pendidikan dan pemerintahan seperti, Jalan Tulakan-Tegalombo, Jalan Mentoro-Gunungsari, dan Jalan Arjosari-Gunungsari.

Sumber : jurnal Berita

Foto : dok.Pacitanku