Segarnya Semburan Seruling Samudera Pantai Klayar

oleh -13637 views
Seruling Samudera
Seruling Samudera
Seruling Samudera
Seruling Samudera

Pacitanku.com, DONOROJO—Salah satu yang menarik dari fenomena pesona Pantai Klayar adalah adanya ugusan endapan batu gisik (beach rocks) yang berdiri gagah sekali. Terbentang membaur dengan ombak yang menggulung tebal paralel. Arus laut terlihat kuat menyisakan buih yang mencumbu bibir pantai. Pantai yang berada di kawasan Desa Sendang, Donorojo ini memang memiliki banyak keunikan yang tidak dijumpai di daerah lain.

Namun yang paling menyita perhatian adalah adanya atraksi sempurna sensasi Seruling Samudera (blow pipe) yang bersembunyi di balik cekungan-cekungan tebing. Seruling samudera adalah sebuah tempat yang mirip dengan celah, berpadu dengan semburan air laut di celah – celah karang Klayar. Ketinggian air mancur yang dapat mencapai sekitar 10 meter dan bisa menghasilkan gerimis dan embun air laut yang mempesona.

Seruling Samudera
Seruling Samudera

Saat ombak kencang datang, cekungan ini memancarkan air setinggi lebih dari 5 meter. Jika angin bersahabat, ia pun akan mengeluarkan tiupan serupa bunyi suling bambu. Berdirilah di atas cekungan tadi, maka tubuh akan bergetar tersiram semburan air laut dalam interval 5-10 detik. Semburan air ini silih berganti seiring deburan ombak yang menghempas. Mengisi lorong kosong di sela karang, meletupkan air, mendengungkan sebuah nada melengking bak seruling dari samudera.

Derasnya pancuran seruling samudera tergantung besaran ombak dan tiupan angin. Semakin kencang tiupan angina dan ombak besar, semakin deras seruling samudera memancar keatas.

Bagi yang mencintai dunia fotografi, lokasi puncak bukit bagian timur yang merupakan tanah lot yang berada di kawasan seruling Laut adalah titik terbaik untuk mengabadikan Klayar. Perlu sedikit memanjat memang. Namun segera terbayar seketika melemparkan pandangan dengan gradasi laut hijau toska, berkolaborasi harmonis dengan topografi karst. Selamat menikmati segarnya semburan seruling Samudera Klayar.