Tanah di Pantai Watukarung Banyak Dikuasai Bule

oleh -13785 views
Pantai Watukarung (Dok.Pacitanku)
Pantai Watukarung (Dok.Pacitanku)
Pantai Watukarung (Dok.Pacitanku)
Pantai Watukarung (Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN—Kawasan Pantai Watukarung selama ini memang dikenal memiliki suasana yang tepat untuk melakukan aktivitas berselancar. Dan karena banyaknya aktivitas selancar, terutama oleh para wisatawan mancanegara, berimba kepada banyaknya penjualan tanah di kawasan Pantai Watukarung kepada investor asing, yang memang sangat menggiurkan. Pasalnya, harga tanah naik berlipatkali dari harga nilai jual objek pajak (NJOP).

Walaupun begitu, masih ada beberapa warga yang memegang teguh idealisme tidak akan melepaskan tanahnya kepada para bule. Salah satu warga yang enggan menjual tanahnya itu adalah Puji Lestari (45),

Penjual es degan yang sehari – harinya mangkal di Pantai Watukarung ini, memang tidak mau menjual tanahnya meski sudah ada beberapa penawaran yang menggiurkan. Tanahnya satu bidang yang tidak seberapa luas itu, tetap dipertahankan karena satu-satunya harta milik keluarganya.

“Kalau bule yang menawar sudah banyak, tapi saya memang tidak menjualnya. Kalau tanahnya saya jual saya tinggal di mana,” ujar Puji, yang akrab dipanggil Mak Iput, seperti dikutip dari Tribunnews, Kamis (5/12/2013).

Hanya dengan berjualan es degan dan makanan lainnya, Mbak Iput mengaku mendapatkan penghasilan yang lumayan. Terlebih Pantai Watukarung sekarang sedang booming dengan kedatangan turis asing yang main selancar. Ia mengakui, banyak warga asing yang telah membeli tanah di Watukarung. Kebanyakan pembelinya para bule dan orang Jepang untuk tempat penginapan turis yang main selancar.

“Hampir semua tanah di sepanjang Pantai Watukarung ini sudah dijual pemiliknya. Dan pembelinya ya para bule-bule itu untuk tempat penginapan turis yang surfing,” tandasnya.

Namun demikian, saat ini mulai ada kesadaran pada sebagian warga Watukarung untuk tidak menjual lagi tanahnya kepada para bule. Warga memilih skema untuk menyewakan tanahnya sehingga kepemilikan tanah tidak sampai lepas. Penawarannya juga fantastis karena harganya mencapai ratusan juta. Padahal tiga tahun silam harganya hanya kisaran puluhan juta.

Seperti diketahui, panorama Pantai Watukarung juga memiliki pemandangan yang menarik karena latar belakang Pulau Glatik, Pulau Sirondo, Pulau Gedebag dan Pulau Wayang. Tempat selancar sendiri berada di area Pulau Sirondo yang memiliki ombak barrel yang sangat bagus. Konon ombak ini yang terbaik di Asia serta pernah dicoba juara surfing internasional  Bruce Irons. (Sur/Trib/Pct)

Redaktur  : @RobbyAgustav