Relawan Demokrasi Pacitan Diharapkan Dongkrak Partisipasi Pemilih Pileg

oleh -13555 views
Bimtek Relawan Demokrasi (Foto : pacitakab.go.id)
Bimtek Relawan Demokrasi (Foto : pacitakab.go.id)
Bimtek Relawan Demokrasi (Foto : pacitakab.go.id)
Bimtek Relawan Demokrasi (Foto : pacitakab.go.id)

Pacitanku.com, PACITAN—Sebagai bentuk komitmennya mensukseskan agenda Pemilihan Umum (Pemilu) 2014, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Pacitan menggelar bimbingan teknis relawan demokrasi Pemilu, Rabu (4/12/2013) di Hotel Srikandi, Pacitan. Bimtek tersebut diadakan setelah sebelumnya KPUD Pacitan telah menyaring 25 relawan demokrasi yang akan diterjunkan ke masyarakat.

Menurut Ketua KPUD Pacitan, Damhudi, keberadaan relawan demokrasi ini sangat penting dalam upaya mensukseskan menarik minat pemilih di agenda Pileg 2014 yang akan berlangsung April tahun depan. Menurutnya, sebagai cara yang efektif adalah dengan mampu mensosialisasikan dengan baik Pemilu 2014 kepada masyarakat.

“Kehadiran pemilih dari pemilu ke pemilu semakin menurun.  Bahkan, untuk pemilu Gubernur Jatim sempat menyentuh angka 65 persen, karena itu, pendekatan persuatif agar mereka datang dengan sukarela sangat penting,” kata Damhudi, seperti dikutip dari laman resmi KPUD Pacitan.

Dalam pembekalan yang dihadiri oleh 25 relawan tersebut, pihak KPUD telah menyiapkan pembagian tugas bagi para relawan tersebut. Mereka dibagi menjadi empat segmen, yakni pemilih pemula, perempuan, keagamaan, dan marjinal. Dan pihak KPUD berharap dengan adanya relawan demokrasi ini dapat meningkatkan partisipasi pemilih di agenda pesta demokrasi tersebut. (KPU/Rob/Pct)

Redaktur : @RobbyAGustav

Foto : Humas Pemkab Pacitan (pacitankab.go.id)