Asyik, Budidaya Coklat Akan Dikembangkan di Pacitan

oleh -Dibaca 1.496 kali
Budidaya Coklat (Foto : IST)
Budidaya Coklat (Foto : IST)
Budidaya Coklat (Foto : IST)
Budidaya Coklat (Foto : IST)

Pacitanku.com, SURABAYA—Sebagai bentuk komitmen untuk mengembangkan potensi pangan, Provinsi Jawa Timur terus berupaya mengembangkan potensi sektor agribisnis, salah satunya adalah membuat kasawan budidaya coklat. Langkah ini dilakukan dengan melihat peluang pasar coklat dunia yang terus mengalami kenaikan.

Rencananya, kawasan coklat atau yang disebut dengan coco belt  ini akan dibangun disepanjang pantai selatan, mulai Pacitan hingga Banyuwangi.

“Saat ini, luas lahan coklat di Jawa Timur masih mencapai 65.000 hektar, di tahun 2019 ditargetkan lahan coklat di sepanjang pantai selatan akan mencapai 100.000 hektar. Sementara produksi di tahun ini ditarget bisa mencapai 35.000 ton biji kering per tahun, naik dibanding 2013 mencapai 32.000 ton biji kering per tahun,” kata Kepala Dinas Perkebunan Jawa Timur, Samsul Arifin di Surabaya, seperti dikutip dari KabarBisnis.com, Rabu (12/2/2014)

Dikatakan Samsul, beberapa puluh tahun lalu, Jatim memang menjadi salah satu provinsi penghasil coklat. Beberapa industri besar masuk dan mengembangkan komoditas coklat di Jatim. Karena perkebunan coklat milik industri besar tersebut banyak terjadi gesekan dengan masyarakat sekitar, akhirnya pohon coklat banyak di tebang dan produksinya menjadi drop.

“Kami sebenarnya ingin mengembalikan kejayaan Jatim beberapa tahun lalu, dimana produksi coklat sangat besar, mencapai 35.000 lebih. Tetapi jalannya melalui optimalisasi budidaya coklat lewat perkebunan rakyat, bukan melalui industri besar. Karena potensinya sangat besar, pohon coklat bisa ditanam dimanapun asal sesuai dengan tatacaranya,” tegasnya.

Sebenarnya, untuk menanam pohon coklat cukup mudah. Hanya saja, karena selama ini petani tidak terbiasa dan kurang bisa memahami teknik budidaya komoditas coklat, akhirnya banyak yang menemukan kegagalan. “Coklat bisa ditanam dilahan kering, dibawah cengkeh, dibawapohon kelapa, yang penting pohon coklat tidak terkena sinar matahari langsung, harus ada pelindung. Dan coklat ini termasuk tanaman paling disukai karena panennya bisa tiap minggu,” terangnya.

Seperti diketahui, wilayah Kabupaten Pacitan memiliki garis pantai yang cukup panjang, sehingga menjadi tempat yang cocok untuk membangun kawasan coklat.

Redaktur : Ajeng