Hari Menanam Pohon, Kelompok Tani Hutan Lestari Temon Tanam Ribuan Bibit Pohon Aren

oleh -Dibaca 580 kali
Kelompok Tani Hutan (KTH) Aren Lestari bekerja sama dengan Dinas Kehutanan Jawa Timur Cabang Dinas wilayah Pacitan dan CV Temon Agro Lestari menggelar kegiatan penanaman 8 ribu bibit pohon aren. (Foto: Sulthan Shalahuddin)

Pacitanku.com, ARJOSARI – Kelompok Tani Hutan (KTH) Aren Lestari bekerja sama dengan Cabang Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur dan CV Temon Agro Lestari menggelar kegiatan penanaman 8 ribu bibit pohon aren dan produktif lainnya.

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka hari penanaman pohon yang jatuh pada 28 November di area lahan kritis pegunungan Dusun Tengger, Desa Temon, Kecamatan Arjosari pada Ahad (28/11/2021).

I Gusti Ayu Ngurah Megawati dari CV Temon Agro Lestari dalam keterangannya kepada Pacitanku.com, Ahad malam mengatakan kegiatan itu melibatkan sebanyak 200 kepala keluarga yang merupakan warga Dusun Tengger, Desa Temon Kecamatan Arjosari.

“Kegiatan penanaman ini sudah diadakan setiap tahun sejak tahun 2020, setiap akhir tahun, kemudian dilanjutkan tahun 2021, karena kelompok tani in ikan fokus di tanaman aren,”jelasnya.

Perempuan yang akrab disapa Mega ini mengungkapkan, tujuan dilakukan penanaman ini adalah selain memproduksi gula aren kedepannya tetap menjaga agar pohon aren ini tidak langka.

“Salah satunya menjaga setiap tahun menanam pohon aren dengan kolaborasi dengan Dinas Kehutanan CDK Pacitan, selain itu juga menanam tanaman  produktif semisal jengkol, kopi, coklat, trembesi, setiap tahun kita adakan kegiatan itu,”papar dia.

Pada tahun ini, kata Mega, pihaknya menanam lebih banyak dibandingkan tahun kemarin. Jika tahun kemarin ditanam sebanyak 5 ribu tanaman, maka tahun ini ditanam sebanyak 8 ribu tanaman.

“Kami mengharapkan, meskipun ini kami adalah kelompok swadaya berharap kedepannya diadakan secara rutin untuk menjaga agar pohon aren tidak punah, juga agar lahan kerin kritis di pegunungan untuk ditanamai masyarakat sehingga dapat dijaga kelestarian alam,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.