Mantap, Watumejo Mangrove Park Pacitan akan Jadi Pusat Pengembangan Mangrove

oleh -Dibaca 379 kali
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta relawan dan masyarakat, Minggu (28/11/2021) siang. (Foto: Dok. Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITANPemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta relawan dan masyarakat, Minggu (28/11/2021) siang melakukan penanaman pohon mangrove di hilir Sungai Grindulu, Desa Kembang, Kecamatan Pacitan.

Aksi ini sendiri merupakan bagian dari upaya mitigasi resiko bencana yang diinisiasi oleh Rumah Zakat Indonesia.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji bersama Wakil Bupati Pacitan Gagarin, Sekretaris Utama BNPB Lilik Kurniawan, Kepala Pelaksana BPBD Jatim Budi Santoso serta CEO Rumah Zakat Nur Efendi.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaunching Watumejo Mangrove Park yang akan menjadi pusat pengembangan tanaman mangrove.

“Saat ini kita akan menanam mangrove yang nantinya kita harapkan tanaman mangrove ini dapat meminimalisir dampak bencana. Selain greenbelt yang sudah tumbuh dengan baik,”kata Bupati Aji dalam sambutannya, mengutip laman Humas Pemkab Pacitan.

Selain untuk kelestarian lingkungan serta mengurangi dampak resiko bencana keberadaan Watumejo Manggrove Park juga diharapkan menjadi daya ungkit perekonomian masyarakat.

Hutan mangrove akan menjadi habitat penting bagi organisme kelautan selain menjaga pantai dari abrasi.

“Konsep kita ada dua yakni tangguh bencana dengan memberikan literasi kepada masyarakat serta kelestarian lingkungan dan dielaborasi dengan potensi desa,” sambung Nur Efendi, CEO Rumah Zakat Indonesia.

Menurut Nur Efendi, ada banyak potensi di Desa Kembang yang dapat dikolaborasikan dengan Watumejo Manggrove Park nantinya. Seperti tambak bandeng, tambak udang serta yang tidak kalah menarik adalah ekowisata.

Selain itu Watumejo Manggrove Park juga digadang menjadi pusat bibit manggrove di Jawa Timur.

No More Posts Available.

No more pages to load.