Ratusan Relawan Tanam Seribu Pohon, Rawat Lingkungan Mengawal Masa Depan

oleh -Dibaca 427 kali
400 orang berkumpul menanam pohon secara massal dalam hari pohon nasional pada Ahad (28/11/2021). (Foto: Julian Tondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Momentum hari menanam pohon Indonesia , yang diperingati setiap tanggal 28 November adalah peristiwa untuk selalu ingat pentingnya pohon bagi kehidupan manusia di bumi.

Hari menanam pohon bukan hanya sekedar ceremony semata, melainkan sebuah proses dimana kita semua juga harus menjaga dan memelihara agar pohon yang kita tanam ini bisa menjadi hidup dan tumbuh besar.

Hari ini, sedikitnya ada 400 orang berkumpul di pesisir Pantai Pancer Dorr, melakukan aksi tanam pohon secara massal. Ada 1000 batang pohon yang ditanam, mulai dari pandan laut, dan beberapa jenis tanaman buah.

Aksi ini dilakukan, selain dalam rangka memperingati hari menanam pohon Indonesia, juga sebagai media edukasi pentingnya pohon bagi kehidupan.

“Aksi ini bukan hanya sekedar ceremony, tapi lebih pada usaha menyentil rasa kita agar mau peduli dengan lingkungan, karena seperti diketahui saat ini diakui atau tidak perubahan iklim telah terjadi, pemanasan global pun terjadi. Dan hanya pohon yang bisa meminimalisirnya,”jelas Kristanto Waluyo, kordinator aksi, Minggu (28/11/2021).

Aksi menanam pohon ini diikuti oleh berbagai komunitas dan OPD terkait seperti, kwarcab Pramuka Pacitan, saka wanabhakti, saka bahari, sahabat penyu Pacitan, Pramuka SMK 1, Karangtaruna, Petupa, trash hero, cabdin kehutanan dan perkebunan, dinas perikanan Pacitan, dan Dinas lingkungan hidup.

“Kami sangat bangga kepada teman teman semua, mau peduli pada lingkungan, menjaga pelestarian lingkungan adalah tugas kita bersama, tidak bisa hanya dibebankan pada dinas terkait atau seklompok orang saja. Tapi butuh kerjasama. Terimakasih teman teman semua semoga ini menjadi berguna buat masa depan lingkungan kita,”ata Misgianto, kasi perlindungan dan konservasi, Dinas Lingkungan Hidup Pacitan.

No More Posts Available.

No more pages to load.