Pacitan Galakkan Tanam Pohon untuk Konservasi Sumber Daya Air

oleh -Dibaca 393 kali
TANAM POHON. Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji menanam pohon di Desa Sempu, Nawangan pada Rabu (8/12/2021). (Foto: Julian Tondo/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, NAWANGAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan menggalakkan Gerakan menanam pohon sebagai bagian dari upaya konservasi Sumber Daya Air (SDA). Salah satu kegiatan tersebut dilakukan pada Rabu (8/12/20221) di Desa Sempu, Kecamatan Nawangan.

Kasi Konservasi dan Perlindungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pacitan Misgianto dalam keterangannya saat mendampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pacitan mengatakan kegiatan konservasi sumber air ini adalah untuk memulihkan kembali ketersediaan air yang semakin berkurang, terutama di musim kemarau.

“Menurut data, jumlah sumber air yang ada di kabupaten Pacitan, adalah sejumlah 388 yang tersebar di 12 kecamatan, dan kegiatan ini diagendakan  setiap tahun yaitu pada awal musim penghujan,”katanya.

Pada tahun 2021 ini, Misgianto mengatakan gerakan konservasi sumber air yang bertepatan dengan hari menanam pohon di desa sempu kecamatan Nawangan.

“Karena Nawangan ini merupakan akar serta sumber air sungai Grindulu, sungai terbesar di kabupaten Pacitan,”ujarnya.

Misgianto berharap, kegiatan ini bisa mengembalikan debit air yang selama ini semakin berkurang, sehingga kebutuhan air di musim kemarau dapat tercukupi.

Selain itu, Misgianto mengatakan upaya konservasi lingkungan adalah tanggung jawab bersama baik pemerintah, masyarakat maupun dunia usaha.

“Pada tahun 2021 ini telah di adakan bibit tanaman konservasi bibit kayu-kayuan sebanyak 18.100 batang, bibit tanaman produktif 2.500 batang, sehingga total keseluruhan 20.600 batang,”tukasnya.

Selain itu, Misgianto mengatakan banyak kelompok masyarakat yang telah dan akan mengadakan acara penanaman di musim hujan ini, baik dari desa, sekolah adiwiyata, kelompok pemerhati lingkungan, organisasi sosial kemasyarakatan dan sebagainya.

“Kami ucapkan terima kasih atas segala bantuan para pihak sehingga acara ini dapat terlaksana diantaranya camat, forkompimca, Kades sempu, Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDHASL) Solo, cabang dinas kehutanan Provinsi Jawa Timur, General Manager PT UBJOM PLTU Pacitan, Bank Jatim, Perhutani Lawu DS dan Perusahaan Kayu Lapis se-Pacitan,”pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan itu Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, Wakil Bupati Pacitan Gagarin, Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono, Dandim 0801/Pacitan Letkol Kav Ibnu Khazim, Kapolres Pacitan AKBP Wiwit Ari Wibisono, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pacitan Joni Maryono dan sejumlah pejabat Forkopimda Pacitan.