Bupati Soedjito, Goa Gong dan Listrik Gondosari

oleh -Dibaca 1.141 kali
Soedjito Bupati Pacitan
Soedjito Bupati Pacitan

Pacitanku.com, PACITAN—Tahun 1990 masa kepemimpinan bupati Mochtar Abdulkadir berakhir, posisi AE1 masih tetap dipegang militer.

Putra kelahiran Trenggalek dan sudah lama mukim di Surabaya sebagai perwira di jajaran Kodam VIII Brawijaya, itulah sosok Bupati ke-6 dari unsur militer, Kolonel Soedjito namanya.

Soedjito didampingi seorang istri yang sangat populer di masyarakat Pacitan, karena seringnya turun ke lapangan melalui berbagai kegiatan organisasi kemasyarakatan, seperti Pramuka, PKK dan ormas lainnya.

Soedjito sendiri sebagai pribadi yang berlatar belakang militer dalam memimpin Pacitan selama 5 tahun (1991-1995) ia laksanakan dengan sedikit bicara dan banyak terobosan. Oleh sebagian orang ia disebut – sebut sebagai bupati cendikia, visioner dan selalu berfikir akademis.

Terobosan dia untuk mengatasi banyak persoalan kemasyarakat Pacitan cukup beragam. Mulai dari perintisan listrik tenaga surya yang berhasil diresmikan oleh Presiden Soeharto, mendorong putra Pacitan yang sukses diluar kota untuk mendirikan gedung KWC (Krida Wiyata Cendekia) bersama sejumlah pengusaha lokal.

Penemuan yang paling fenomenal di masa Bupati Soedjito adalah penemuan Goa Gong sebagai wisata baru di Pacitan saat itu, serta renovasi obyek wisata air hangat Tirta Husada Arjosari.

Prestasi lain yang sangat dikenang oleh perangkat desa di Pacitan adalah pemilihan dan pelantikan kepala desa massal dalam satu tahun, yakni sebanyak 113 dari 160 desa di Kabupaten Pacitan saat itu.

Selesai menjabat sebagai bupati Pacitan ia dipilih kembali oleh institusinya untuk menjadi bupati Sidoarjo. Sepuluh tahun menjadi pemimpin di dua kabupaten dengan karakter masyarakat berbeda ia jalani dengan baik.

Karier sipil Soedjito dua kali menjadi bupati hampir menyamai pendahulunya, Moch Koesnan.

Sumber: Buku Pendopo Kabupaten Pacitan dan sumber lain yang terkait.

No More Posts Available.

No more pages to load.