Survei Capres, Jokowi Unggul di Pacitan

oleh -13554 views
Jokowi (Foto Kompas)
Jokowi (Foto Kompas)
Jokowi (Foto Kompas)
Jokowi (Foto Kompas)

Pacitanku.com, PACITAN—Popularitas gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo masih berada jauh diatas para pesaingnya. Di Pacitan yang notabene adalah daerah asal Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Jokowi juga mengungguli pesaingnya, termasuk Pramono Edhie yang digadang-gadang menjadi Capres Demokrat.

Dari hasil survey lembaga Trasnformasi Indonsia, khusus di Dapil I Pacitan, Jokowi memperoleh 40,54%, jauh meninggalkan Dahlan Iskan yang hanya 16,22%, Aburizal Bakrie 9,91%, Prabowo Subianto juga 9,91%, sedangkan Pramono Edhie hanya 3,6%.

“Dapil I Pacitan umumnya kelas menengah, relatif terdidik, memperoleh akses media yang cukup. Ini artinya, Dapil I Pacitan sudah lepas dari bayang-bayang nama besar SBY,” ungkap Irfan Riza, peneliti Transformasi Indonesia, yang melakukan survey di Pacitan 1-10 Januari 2014 seperti dilansir dari baranews, Rabu (29/1/2014).

Dari total 720 responden, Transformasi Indonesia  menyimpulkan, para pemilih di pedesaan ragu-ragu menentukan pilihan aspirasi politik.  “Di Pedesaan Pacitan, pemilih tidak begitu antusias soal Pemilihan Pileg, namun lumayan bersemangat membicarakan Capres. Walau begitu, swing voters Pilpres masih 42,3%,” terangnya.

Menurutnya, rata-rata di Kabupaten Pacitan, Jokowi 23,45%, ARB 11,37%, Prabowo 6,76%, Dahlan Iskan 6,62%, sedangkan Pramono Edhie 1%.

Redaktur : Robby Agustav