Ini Dia Fungsi Massage Bagi Kesehatan Tubuh Anda

oleh -1.630 views
massage
massage

Pacitanku.com, SEMARANG—Massage atau pijat bagi sebagian orang hanya diidentikkan untuk menghilangkan lelah setelah tubuh beraktivitas sehari – hari. Namun ternyata fungsi dari massage bukan hanya menghilangkan rasa capek dan lelah saja.

Berdasarkan studi dari tim massage Healthy Semarang, setidaknya massage atau pijat bagi tubuh memiliki dampak kesehatan yang baik.

Dikatakan Yoga Pratama, Pemilik Healthy Center, setidaknya ada lima kegunaan massage bagi kesehatan tubuh, yang pertama adalah dengan massage secara teratur, akan membuat otot-otot menjadi fleksibel sehingga anda akan merasakan rileks pada tubuh.

“Selain itu, fungsi kedua massage adalah meningkatkan aliran darah, dengan anda melakukan massage maka akan meningkatkan aliran darah anda ke organ tubuh. Serta meningkatkan pula jumlah trombosit, leukosit, eritrosit dan juga hemoglobin tanpa mengganggu keseimbangan pada asam basa,” kata Yoga yang merupakan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKLO) Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Semarang ini, Selasa (20/8).

Fungsi yang ketiga, imbuhnya, dengan massage akan mampu memperbaiki sirkulasi dan juga menurunkan tekanan pada darah. “Karena jika sirkulasi darah berjalan dengan baik maka organ-orga tubuh lainnya akan berfungsi dengan baik pula,” tandasnya.

Lebih lanjut, Yoga yang saat ini tengah menyelesaikan skripsi ini mengatakan bahwa dampak massage juga akan terasa terhadap mental dan psikis. Hal tersebut terjadi karena jika massage dilakukan dengan benar dan teratur sesuai kaidah, maka akan mengurangi rasa cemas pada diri, karena dapat mengurangi produksi hormon stres seperti halnya kortison dan juga vasopresin.

“Dan yang terpenting, dengan massage anda akan merasakan tidur yang berkualitas saat anda melakukan massage pada saat anda tidur,” pungkasnya.

Redaktur : Dwi Purnawan