Masuk Kategori Desa dengan Kasus Stunting Cukup Tinggi, Mahasiswa Lakukan Edukasi dan Beri Makanan Bergizi Masyarakat Kledung Bandar

oleh -1068 Dilihat
Masuk Kategori Desa dengan Kasus Stunting Cukup Tinggi, Mahasiswa Lakukan Edukasi dan Beri Makanan Bergizi Masyarakat Kledung Bandar. (Foto: Nur Azizah/Pacitanku)

Pacitanku.com, BANDAR – Mahasiswa STKIP PGRI Pacitan yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Kledung, Kecamatan Bandar melakukan edukasi pencegahan stunting dan pemberian makanan bergizi di desa setempat.

Irmanda, salah satu mahasiswa KKN mengungkapkan Desa Kledung, merupakan salah satu desa di Kecamatan Bandar yang termasuk dalam desa dengan kategori stunting yang tinggi.

“Dari data yang diperoleh, tercatat lebih dari dua puluh balita stunting. Salah satu ciri stunting adalah dimana kondisi yang ditandai dengan tinggi badan anak yang cenderung lebih kerdil apabila dibandingkan dengan anak-anak seusianya,”katanya, Minggu (7/4/2024) di Pacitan.

Irmanda mengungkapkan atas dasar itu, hal yang harus dilakukan dalam pencegahan stunting adalah di perlukan kecukupan pemberian makanan tambahan atau gizi tambahan bagi anak-anak yang teridentifikasi stunting.

“Melalui pemberian makanan tambahan bagi anak-anak stunting, diharapkan pertumbuhan dan perkembangan dapat teratasi sehingga masyarakat dapat tersadar dan edukasi dapat menjalar hingga lingkup terkecil yakni lingkup keluarga,”jelas Irmanda.

Berdasarkan hal ini mahasiswa KKN STKIP PGRI Pacitan melaksanakan kegiatan edukasi pada setiap keluarga yang termasuk kedalam kategori stunting.

Irmanda mengungkapkan pihaknya juga memberikan makanan tambahan sebagai bentuk apresiasi dan kontribusi dalam mencegah dan mengurangi banyaknya balita stunting di Desa Kledung.

“Karena dengan segala keterbatasan yang ada kegiatan ini kami lakukan di setiap dusun dengan 1 tempat. Walaupun dengan keterbatasan kami, semoga apa yang kami lakukan dapat berdampak baik bagi Masyarakat,”jelasnya.

Irmanda berharap, kegiatan ini bisa membantu program pemerintah Desa Kledung dalam upaya pencegahan stunting.

Kegiatan ini, kata dia, dilaksanakan beberapa kali di Desa Kledung, diantaranya  pada tanggal 4 Maret 2024 di rumah balita stunting dusun Klantang, tanggal 13 Maret 2024 di rumah balitan stunting dusun Krajan.

“Kemudian tanggal 14 Maret 2024 di rumah balitan stunting dusun Jetis, tanggal 16 Maret 2024 di rumah balitan stunting dusun Ngerjo, tanggal 20 Maret 2024 di rumah balita stunting dusun Ngrandu dan tanggal 22 Maret 2024 di rumah balita stunting dusun Banyuripan,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.