Mahasiswa STKIP PGRI Pacitan Gelar Sejumlah Program Sosial di Wonokarto, dari Pengajian Hingga Budaya Oglor

oleh -347 Dilihat
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) ke-36 Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Pacitan menggelar sejumlah kegiatan menyemarakkan bulan Ramadan di Desa Wonokarto, Kecamatan Ngadirojo. (Foto: Resi Wulandari/Pacitanku)

Pacitanku.com, NGADIROJO – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) ke-36 Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Pacitan menggelar sejumlah kegiatan menyemarakkan bulan Ramadan di Desa Wonokarto, Kecamatan Ngadirojo.

Bersama warga Desa Wonokarto, Kecamatan Ngadirojo Pacitan menggelar pengajian umum menyambut malam lailatul qadar Ramadan 1445 Hijriyah.

Kegiatan itu digelar oleh mahasiswa KKN kelompok 2 STKIP PGRI Pacitan pada Kamis (4/4/2024) malam di Gelanggang Olahraga (GOR) Desa Wonokarto.

Mengundang penceramah ustaz Anas Jahidin Fathoni, pengajian umum tersebut bertemakan ‘memperkokoh kualitas iman, menyelanj makna Ramadhan di malam lailatul qadar.’

Kegiatan itu juga turut mengundang dalam pengajian umum ini yaitu, perangkat desa, dosen lapangan, masyarakat umum desa Wonokarto.

Panggih Eko, selalu mahasiswa KKN di desa Wonokarto mengungkapkan kelompok KKN STKIP PGRI Pacitan mengungkapkan, selain pengajian umum terdapat beberapa rangkaian kegiatan lainnya.

“Yaitu penampilan budaya oglor, pelepasan KKN dan penguman kejuaraan lomba lomba yang sudah diadakan sebelum pengajian ini dilaksanakan,”tutur dia.

Tidak hanya itu, Panggih mengatakan budaya Oglor adalah salah satu kesenian tradisional yang berkembang di masyarakat desa Wonokarto. Dalam hal ini musik Oglor digunakan sebagai sarana ritual di desa Wonokarto.

“Dimana pemilik hajat lebih percaya dengan lantunan syair yang dimainkan musik Oglor akan lebih cepat tersampaikan kepada Allah,”jelas dia.

Selain itu, lomba-lomba menyemarakkan Ramadan juga digelar mahasiswa KKN. Tidak hanya itu untuk lomba lomba yang diadakan adalah lomba mewarnai dan menggambar tingkat KB dan TK.

Panggih berharap dengan adanya mahasiswa KKN bisa menjadi salah satu hal yang baik dan bermanfaat untuk masyarakat desa Wonokarto.

“Serta turut mengucapkan terimakasih kepada masyarakat desa Wonokarto karena sudah menerima kami dengan baik dan mohon maaf bila kami masih banyak kekurangan,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.