KPU Catat 23 Petugas KPPS di Pacitan Sakit Selama Tahapan Pemilu

oleh -292 Dilihat
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan mencatat setidaknya sebanyak 23 petugas badan adhoc mengalami sakit. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan mencatat setidaknya sebanyak 23 petugas badan adhoc mengalami sakit.

Sebanyak 23 petugas tersebut mengalami sakit dengan berbagai macam keluhan selama rentang tahapan Pemilihan Umum (Pemilu), sejak pelantikan sampai tahapan penghitungan suara.

Ketua KPU Pacitan, Sulis Styorini, Sabtu (24/2/2024) di sela pemberian santunan kepada anggota Kelompok Penyelenggara pemungutan Suara (KPPS) di Desa Sambong, Pacitan, Bersama Kapolres menuturkan mereka sudah dalam kondisi stabil.

“Sejauh ini ada 23 orang petugas yang sakit, mulai rentang pelantikan sampai dengan sekarang, namun kondisi kesehatannya sudah stabil, dalam kondisi yang baik, namun beberap anggota KPPS ini mungkin ada yang perlu istirahat lagi,”katanya.

Dari total 23 anggota KPPS tersebut, Perempuan yang akrab disapa Rini ini mengeluhkan sejumlah penyakit yang dideritanya.

“Secara umum kelelahan, namun secara spesifik ini dari berbagai usia ya, seperti ada yang demam, ada yang sakit perut, macam-macam,”ungkap komisioner KPU divisi keuangan dan logistik ini.

Dalam proses perawatan para anggota adhoc tersebut, Rini menyampaikan semua biaya ditanggung oleh pemerintah.

“Jadi biaya perawatan para petugas badan adhoc Pemilu ini gratis ditanggung daerah, kalau skemanya dari pemerintah itu bansos, tapi saya kurang tahu detailnya, intinya pemda berkomitmen membiayai seluruh badan adhoc,”tandas dia.

Selain mendapatkan bantuan perawatan kesehatan dari pemerintah, Rini memastikan jajarannya juga memberikan santunan kepada para petugas KPPS tersebut.

“Kita akan berikan santunan semua, kita masih koordinasikan dengan KPU RI, ini juga perlu verifikasi administrasi, perlu ada dokumen-dokumen kelengkapan-kelangkapan administrasi yang diperlukan,”pungkasnya.

Dalam kegiatan penyaluran itu dihadiri juga oleh Kapolres Pacitan AKBP Agung Nugroho, Kabagops Polres Pacitan AKP Sukinto Herman Setya Atmaja dan juga komisioner KPU Divisi sosialisasi dan partisipasi masyarakat Iwit Widhi Santoso.

Secara simbolis, santunan diberikan kepada anggota Linmas TPS 10 Sambong Sujatno, Petugas KPPS TPS 004 Desa Wonogondo Kurnia Pranoto dan anggota KPPS TPS 002 Desa Bomo Astrini.

Santunan yang diberikan kepada kepada anggota KPPS yang sakit pasca pungut dan hitung suara berupa buah-buahan dan sejumlah uang.

No More Posts Available.

No more pages to load.