Semarak Festival Capilan Sambut Rampungnya Pembangunan Telaga Sudimoro

oleh -701 Dilihat
Masyarakat pemuda Tlogorejo, Kecamatan Sudimoro menggelar festival Capilan di sekitar telaga Sudimoro pada Minggu (25/2/2024). (Foto: Nur Azizah/Pacitanku)

Pacitanku.com, SUDIMORO – Masyarakat pemuda Tlogorejo, Kecamatan Sudimoro, Pacitan menggelar festival Capilan di sekitar telaga Sudimoro pada Minggu (25/2/2024).

Kegiatan festival budaya ini digelar untuk merayakan rampungnya pembangunan telaga Sudimoro, sekaligus dan dalam rangka ulang tahun karang taruna arek dekat telaga Tlogorejo ke 22 tahun.

Ratusan masyarakat yang menghadiri festival tersebut mengenakan caping atau capil yang biasa digunakan para petani untuk pergi ke sawah atau ladang.

Panitia penyelenggara, Yudho Krisnanto mengatakan festival ini mengangkat tema masyarakat sekitar yang mayoritas adalah petani dimana petani tidak lepas dari aksesoris capil.

“Filosofinya, capil itu bisa digunakan di musim penghujan atau musim panas. Kebetulan di Indonesia juga musim Pemilu, maka diharapkan apapun perbedaannya apapun kondisinya kita bisa mengerucut yang artinya satu tujuan, satu suara untuk Indonesia,”kata Yudho.

Yudho mengatakan festival ini juga menyajikan serangkaian kegiatan dari siang-malam mulai pukul 13.00 WIB terdapat agenda arak-arakan capil.

Masyarakat pemuda Tlogorejo, Kecamatan Sudimoro menggelar festival Capilan di sekitar telaga Sudimoro pada Minggu (25/2/2024). (Foto: Nur Azizah/Pacitanku)

Kemudian juga pengumuman lomba video konten telaga sudimoro, tari sanggar seni Krida Rahayu, Keroncong Embun Malam, dan lomba mewarnai tingkat paud.

“Sementara malam hari mulai pukul 19.00 WIB terdapat agenda Sanggar Sengah Sudimoro, Prosesi Kolosal, Gebyar Langen Bekso dan Campursari Sekar Madu,”ujarnya.

Intan Sari, salah satu pengunjung festival capilan mengaku senang dengan kegiatan budaya tersebut.

“Acaranya menarik dan unik soalnya, jadi meski hujan tetep semangat dating,”katanya.