Seperti Nuansa Hajatan Pernikahan, Begini Semarak Pesta Rakyat Pemilu di TPS Sudimoro Pacitan

oleh -451 Dilihat
PESTA RAKYAT. Di TPS 006, Dusun Crabak, Desa Pagerlor, Kecamatan Sudimoro, nuansa TPS diubah dengan ‘vibes’ hajatan pernikahan. (Foto: Nur Azizah/Pacitanku)

Pacitanku.com, SUDIMORO – Agenda Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 ini tak hanya menjadi ajang memilih pemimpin. Tetapi juga menjadi ajang unjuk kreativitas bagi petugas KPPS, seperti halanya di Desa Pagerlor Kecamatan Sudimoro.

Di TPS 006, Dusun Crabak, Desa Pagerlor, Kecamatan Sudimoro, nuansa TPS diubah dengan ‘vibes’ hajatan pernikahan.

Baca juga: Hasil QC dan RC: Partai Demokrat Diprediksi Menang Besar Pileg di Pacitan

Ketua PPS Desa Pagerlor Jumariyanto juga turut mengapresiasi kreativitas KPPS di TPS 006.

“TPS lainya sudah bagus tetapi 006 termasuk yang paling kreatif sampai dekoran segala. Saya kira bisa menarik minat warga untuk datang ikut mencoblos, ide yang bagus,”ujar Jumariyanto.

Bak acara pernikahan, TPS ini didekor dengan hiasan  bunga-bunga serta janur kuning. Anggota KPPS 006 yang terdiri dari 7 orang tersebut pun mengenakan seragam lurik saat bertugas pada Rabu (14/2/2024).

Ke-7 orang tersebut adalah Choirudin, Agus Dwi Raharjo, Miftakhul Janah, Ratna Indrawati, Nur Azizah, Gita Ainun Rokhimah, dan Febri Suryanto.

Konsep ini didapatkan secara mendadak, yakni H-2 pelaksanaan pemilu serentak. Seluruh anggota bekerja sama dengan baik dalam mempersiapkannya.

“Capek sekali tetapi senang dan bangga karena warga jadi antusias, kegiatan berjalan lancar dari pemungutan hingga penghitungan suara. Semangat, kesatuan teman-teman KPPS 006 sangat luar biasa,”kata ketua KPPS setempat, Choirudin.

Choirudin mengatakan, jumlah DPT di TPS 006 ada sebanyak 268, tetapi yang hadir 209 termasuk DPtb dan DPK dengan rincian laki-laki berjumlah 128, perempuan berjumlah 139.

“Untuk hasil pemilu presiden dan wakil presiden di TPS 006, pasangan nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapatkan 28  suara sah, pasangan 02 Prabowo-Gibran mendapatkan 143 suara sah, sementara pasangan nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahf Ganjar-Mahmud mendapatkan 32 suara sah,”jelasnya.

Di TPS 006, Dusun Crabak, Desa Pagerlor, Kecamatan Sudimoro, nuansa TPS diubah dengan ‘vibes’ hajatan pernikahan. (Foto: Nur Azizah/Pacitanku)

Untuk hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) di TPS ini, Choirudin mengatakan Partai Demokrat unggul dari partai yang lain dengan mendapatkan 105 suara. Kemydian caleg DPR RI nomor urut 1 dari Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) memperoleh suara tertinggi dengan 89 suara sah.

Begitu juga untuk pemilihan DPRD Kabupaten, lagi-lagi partai Demokrat unggul mendapatkan 81 suara sah dengan caleg nomor urut 2, Tumardi memperoleh suara sah terbanyak yakni 62 suara sah. Kemudian Partai PDI Perjuangan menduduki peringkat ke 2 yakni mendapatkan 78 suara dimana nomor urut 1, Heru setyanto meraih suara 33.

No More Posts Available.

No more pages to load.