Kaleidoskop DPRD Pacitan 2023: Dewan dan Warga Tambal Jalan Penghubung Desa Karangnongko Purwoasri Yang Rusak

oleh -81 Dilihat
PERBAIKI JALAN. Warga dan Dewan memperbaiki jalan yang rusak di Desa Karangnongko Kebonagung, Selasa 4 Juli 2023. (Foto: Putro Primanto/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Pada bulan Juli 2023 lalu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan Sunarko bersama sejumlah masyarakat di wilayah Desa Karangnongko, Kecamatan Kebonagung, Pacitan menggelar perbaikan jalan rusak di kawasan tersebut.

Hal itu dilakukan mengingat jalan penghubung akses masyarakat tersebut banyak lubang dan membahayakan pengguna jalan.

 Atas kondisi itu, Sunarko yang merupakan anggota DPRD dari fraksi Golkar berinisiatif bersama warga memperbaiki rusak yang menghubungkan Desa Karangnongko ke Desa Purwoasri, Desa Katipugal dan Desa Kalipelus di Kecamatan Kebonagung.

“Bersama masyarakat Desa Karangnongko dan boloroda wilayah selatan jalur Karangnongko, Purwoasri, Katipugal, Kalipelus ini bersama masyarakat Desa Karangnongko melaksanakan kerjabakti, yang mana jalan ini beberapa tahun sudah rusak dan selanjutnya perlu adanya perbaikan,”kata Sunarko, Selasa (4/7/2023).

Lebih lanjut, Sunarko mengatakan sebenarnya dirinya sudah berupaya untuk mengkonfirmasi terkait pemeliharaan jalan Kabupaten yang menjadi kewenangan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) tersebut.

“Tapi belum ada tindak lanjut untuk pemeliharaannya, padahal jalan ini jalan kewenangan PU,”ujarnya.

Namun karena jalur tersebut menjadi akses ekonomi warga, Sunarko mengatakan masyarakat mempunyai inisiatif memperbaikinya.

“Karena warga masyarakat lewat sini dan jalan ini sudah rusak, dan juga sering terjadi kecelakaan lalu lintas, maka dari itu warga masyarakat khususnya di Desa Karangnongko mempunyai partisipasi untuk melaksanakan kerjabakti penambalan jalan yang rusak,”jelasnya.

Sunarko mengatakan memang perbaikan jalan tersebut bukan kewenangan masyarakat, tetapi kewenangan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk melaksanakan perbaikan jalan tersebut..

“Akan tetapi karena ini masyarakat sangat butuh untuk akses ekonomi, akhirnya masyarakat mau tidak mau memperbaiki jalur Purwoasri-Karangnongko tembus Katipugal-Kalipelus dan juga menuju pantai Pangasan, karena akses ini sangat vital sekali,”ujarnya.

Sehingga, atas kondisi tersebut, dirinya bersama masyarakat memperbaiki jalan tersebut. Dia berharap, Pemerintah bisa segera tahu waktunya pemeliharaan jalan.

“Jadi biar agar tidak terbengkalai, karena kalau rusaknya terlalu parah masyarakat sulit untuk melewatinya, terimakasih teman-teman, mudah-mudahan pemerintah tahu dengan kondisi jalan di wilayah Karangnongko,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.