Kaleidoskop DPRD Pacitan 2023: Minta Pemkab Beri Skala Prioritas Target RPJMD

oleh -4 Dilihat
Pada bulan Maret 2023 lalu, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan menggelar rapat paripurna membahas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Rencana Tata Ruang dan Tata Wilayah (RTRW). (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN – Pada bulan Oktober 2023 lalu, Fraksi Partai Demokrat (PD) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan untuk memberikan skala prioritas dan penuntasan target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Hal itu disampaikan oleh perwakilan F-PD DPRD Pacitan, Giman saat membacakan pandangan umum (pu) fraksi Partai Demokrat dalam rapat paripurna DPRD Pacitan dengan agenda rapat paripurna II, yakni penyampaian pandangan umum fraksi-fraksi atas Raperda tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024.

Rapat paripurna itu digelar pada Jumat (27/10/2023) di DPRD Pacitan.

“Mengingat tahun 2024 adalah tahun terakhir dalam pelaksanaan RPJMD, mohon ada prioritas dan penuntasan target RPJMD,”kata Giman, saat membacakan pandangan umum fraksinya.

Lebih lanjut, Giman juga menyoroti perlunya peningkatan dana bantuan politik (banpol) untuk partai politik pada tahun 2024.

“Mengingat keberlangsungan pemerintahan berangkat dari kehidupan demokrasi yang diprakarsai oleh partai politik, mohon dana Banpol bisa untuk ditingkatkan, guna menunjang tuntutan perkembangan,”ujar Giman.

Pada sisi yang lain, giman menuturkan sebagai upaya memperkuat fiskal dan kemampuan keuangan daerah perlu upaya intensifikasi dan ekstensifikasi.

“Yakni mmemaksimalkan pendapatan dan mengefisienkan belanja agar potensi dapat dipergunakan secara maksimal,”jelas dia.

Selain itu, F-PD DPRD Pacitan juga mendorong Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam penyelengaraan pemerintahan untuk aktif dan inovatif.

“Kami berharap OPD benar-benar aktif dan inovatif menjalankan fungsi dan peranya hingga bisa menghasilkan banyak alternatif guna menjadi dasar rujukan kebijakan,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.