Kenalkan Kehidupan Kampus, AKN Pacitan Bekali Mahasiswa Baru dengan Materi LDK Hingga Penanggulangan Bencana

oleh -11 Dilihat
KENALKAN KEHIDUPAN KAMPUS .AKN Pacitan menggelar kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Kegiatan PKKMB tersebut digelar sejak Senin (21/8/2023) hingga Rabu (23/8/2023) di kampus AKN Pacitan. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Akademi Komunitas Negeri (AKN) Pacitan menggelar kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

Kegiatan PKKMB tersebut digelar sejak Senin (21/8/2023) hingga Rabu (23/8/2023) di kampus AKN Pacitan, Jalan Walanda Maramis 4 A Kelurahan Sidoharjo, Pacitan.

Direktur AKN Pacitan, Prof Joko Triyono mengatakan bahwa PKKMB ini bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa baru terhadap suasana kampus yang berbeda saat mereka masih di SMA/SMK.

“Suasananya berbeda kurikulum yang berbeda, cara kuliahnya berbeda, dan seterusnya,”kata Prof Joko saat dikonfirmasi Pacitanku.com, Kamis (24/8/2023) di Pacitan.

Lebih lanjut, Prof Joko mengungkapkan ada berbagai materi diberikan kepada mahasiswa baru dalam kegiatan tersebut.

Diantaranya yang pertama adalah materi tentang pencegahan dan penanganan kekerasan seksual (PPKS).

“Calon mahasiswa juga kita bekali dengan materi dari Badan Narkotika Nasional (BNN), tujuannya supaya mahasiswa terhindar dari bahaya narkotika,”jelas dia.

Selain itu, materi lain yang diajarkan dalam kegiatan PKKMB adalah materi Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) dari Kodim 0801/Pacitan, materi pemadaman kebakaran dari Damkar Pacitan serta materi penanggulangan bencana alam.

“Kita tahu di daerah Pacitan ini potensi bencana masih kan cukup tinggi, sehingga ketika mahasiswa diberi pembekalan tentang bencana alam, mahasiswa punya kesigapan yang baik,”paparnya.

Prof Joko berharap dengan berbagai materi tersebut, mahasiswa sudah memiliki kemampuan hard skill dan soft skill yang baik. Sehingga, kata Prof Joko, ketika nanti mahasiswa kuliah, mahasiswa memiliki sikap yang baik ketika menuntut ilmu.

“Nanti kita berharap mahasiswa dari AKN itu kelak, 10 atau 20 tahun, atau 30 tahun lagi menjadi kebanggaan orang tua, kebanggaan masyarakat, dan syukur-syukur bisa menjadi pemimpin daerah atau pemimpin nasional,”harapnya.

Tidak hanya itu, Prof Joko memastikan usai PKKMB dan mulai menempuh masa perkuliahan, AKN Pacitan juga sudah menyiapkan beberapa peralatan, termasuk kurikulumnya.

Hal itu, kata dia, dengan tujuan agar mahasiswa memiliki kompetensi sesuai dengan disiplin ilmu yang diambil.

Prof Joko memastikan AKN Pacitan membekali mahasiswa dengan kemampuan hard skill, yakni kemampuan yang berkaitan dengan asah otak sehingga nanti ketika lulus, mahasiswa sudah siap di dunia kerja.

“Jadi, misalnya dari disiplin ilmu teknik mesin, otomotif, mahasiswa memiliki kompetensi yang baik di bidang otomotif, mahasiswa yang di program studi (Prodi) berkaitan dengan multimedia juga demikian, dan mahasiswa yang mengambil Prodi terkait dengan informatika juga memiliki kompetensi yang baik di bidang informatika,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.