Ganjar Ungguli Prabowo dan Anies di Survei Litbang Kompas

oleh -0 Dilihat
Capres PDIP Ganjar Pranowo bersama Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, JAKARTA – Survei terbaru Divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kompas terkait elektabilitas Bakal Calon Presiden (Bacapres) menunjukkan tingkat keterpilihan Bacapres dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo tertinggi.

Ganjar berhasil mengungguli elektabiltas capres dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Sementara elektabilitas capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan, masih tertinggal dibanding kedua pesaingnya tersebut.

Dalam simulasi terbuka, elektabilitas Ganjar berada di angka 24,9 persen. Gubernur Jawa Tengah tersebut unggul tipis atas Prabowo Subianto yang mengantongi elektabilitas sebesar 24,6 persen. Sementara Anies Baswedan berada di angka 12,7 persen.

Tingkat elektabilitas Ganjar itu, menurut catatan Litbang Kompas, naik dibanding Mei 2023 yang hanya 22,8 persen. Saat itu, Ganjar tertinggal 1,7 persen dari Prabowo. Sementara elektabilitas Prabowo disebut mengalami kemandekan karena hanya naik 0,1 persen.

“Posisi keterpilihannya (Ganjar) sekarang mendekati elektabilitas Januari 2023 yang sebesar 25,3 persen,”demikian bunyi keterangan dari survei Litbang Kompas, Senin, 21 Agustus 2023.

Survei ini dilakukan dengan wawancara tatap muka pada 27 Juli-7 Agustus 2023. Litbang Kompas mewawancarai 1.364 responden di 38 provinsi yang tersebar di 331 desa/kelurahan di Indonesia.

Mereka tak menjelaskan metode pengambilan sampel dan mengklaim survei ini memiliki margin of error kurang lebih 2,65 persen.

Persaingan ketat antara Ganjar dan Prabowo juga terlihat dalam simulasi 10 nama. Ganjar disebut mendapatkan elektabilitas sebesar 29,6 persen, sementara Prabowo 27,1 persen. Anies, meskipun naik dari simulasi terbuka, hanya mengantongi 15,2 persen.

Jarak antara Ganjar dan Prabowo Subianto semakin terbuka dalam simulasi empat nama. Ganjar kembali unggul dengan perolehan 31,8 persen sementara Prabowo 27,8 persen. Anies tetapi di urutan bontot dengan 15,6 persen.

Terakhir dalam simulasi tiga nama, Ganjar mendapatkan elektabilitas 34,1 persen, Prabowo sebesar 31,3 persen dan Anies sebesar 19,2 persen.

Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 akan digelar berbarengan dengan Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) 2024 pada 14 Februari 2024. Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan semakin kuat disebut sebagai tiga calon yang bertarung memperebutkan posisi RI 1.

Ganjar sejauh ini telah mendapatkan dukungan dari PDIP, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura dan Partai Perindo. Prabowo Subianto mendapatkan dukungan dari Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Anies Baswedan mendapatkan dukungan dari Partai NasDem, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

No More Posts Available.

No more pages to load.