Tim KKN UAD Gelar Pelatihan Komersialisasi Olahan Singkong di Desa Banjarsari, Pacitan

oleh -12 Dilihat
Dosen Pembimbing Lapangan KKN Universitas Ahmad Dahlan, dibantu oleh dua orang mahasiswa KKN melaksanakan pelatihan terkait komersialisasi olahan singkong kepada ibu-ibu PKK pada tanggal 8 Pebruari 2023 di Balai Desa Banjarsari.

Pacitanku.com, PACITAN – Desa Banjarsari adalah salah satu desa di Pacitan yang mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani. Diantara banyak tanaman, salah satu hasil pertaniannya adalah singkong. Sehingga cukup mudah untuk mencari berbagai jenis singkong di desa ini

“Kalau dari mayoritas memang banyak yang bekerja sebagai petani. Dengan jenis tanaman yang bermacam-macam” ujar Kepala desa Banjarsari Gatot Purwadi

Namun disayangkan hasil olahan dari singkong masih belum banyak dikembangkan. Petani lebih banyak menjual dalam bentuk mentahan, sehingga secara nilai ekonomi, belum maksimal. Sehingga diperlukan inovasi untuk menambah varian hasil olahan singkong.

Melihat potensi tersebut, Dr. Ema Nurmaya, S.E., MM., Dosen Pembimbing Lapangan KKN Universitas Ahmad Dahlan, dibantu oleh dua orang mahasiswa KKN melaksanakan pelatihan terkait komersialisasi olahan singkong kepada ibu-ibu PKK pada tanggal 8 Pebruari 2023 di Balai Desa Banjarsari.

Pelatihan tersebut meliputi paparan literasi kewirausahaan, motivasi untuk berwirausaha, lomba pembuatan olahan singkong yang memungkinkan untuk dikomersialkan, menambah pengetahuan tentang pemasaran produk.

“Pelatihan ini kami lakukan dengan harapan ibu-ibu PKK mampu meningkatkan atau menambah penghasilan dari bidang pertanian secara lebih maksimal karena variasi produk yang beragam” ujar Ema usai pelatihan

Peserta pelatihan sejumlah 15 orang yang terbagi menjadi 3 tim dari masing masing dusun yaitu Krajan, Padangan dan Karang Asri dengan antusias mengikuti acara hingga usai. Ada yang membuat kroket singkong, keripik dan krupuk singkong. Pelatihan ditutup dengan foto bersama peserta dengan pemateri.