Resmi Dilantik, 516 PPS di Pacitan Langsung Bekerja di Tahapan Pemilu 2024

oleh -Dibaca 114 kali
DILANTIK. PPS Pemilu 2024 di Pacitan resmi dilantik pada Selasa (24/1/2023). (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan resmi melantik sebanyak 516 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pada Selasa (24/1/2023) di Gedung Gasibu Swadaya Pacitan.

“Hari ini kita 516 PPS se Pacita dari 172 desa atau kelurahan se Pacitan, untuk masa kerjanya sampai April 2024 atau dua bulan setelah hari pemungutan dan perhitungan suara,”kata Ketua KPU Pacitan Sulis Styorini saat ditemui awak media usai pelantikan PPS.

Lebih lanjut, perempuan yang akrab disapa Rini ini mengungkapkan usai dilantik, 516 PPS tersebut langsung bekerja pada tahapan Pemilu. Sejumlah pekerjaan, kata Rini, sudah siap menanti, mulai dari rekrutmen petugas pemutakhiran data pemilih hingga sosialisasi Pemilu.

“Ini di masa tahapan (Pemilu) karena ini sudah mulai tahapan pemutakiran data pemilih, teman-teman PPS ini akan langsung bekerja untuk merekrut petugas pemutakhiran data pemilih di masing-masing desa/kelurahan, yang nantinya akan melaksanakan kegiatan pencocokan dan penelitian untuk pemutakhiran data pemilih,”jelas Rini.

“Kemudian juga untuk pemetaan TPS dan juga teman-teman sudah mulai running untuk sosialsiasi yang itu dilakukan untuk seluruh warga di tempat mereka bekerja,”imbuhnya.

Dalam rekrutmen PPS tahun ini, Rini mengakui sebagian besar berasal dari kalangan muda. Hal itu mengingat salah satu poin penilaian menggunakan aplikasi atau teknologi informasi.

“Hampir seluruh pendaftar (PPS) sebagian besar dari generasi muda, pilihan kita yang ambil dari pendaftar tentunya, dan mungkin juga karena teknologi informasi ya untuk rekrutmennya kan melaui aplikasi atau online, banyak yang terpapar oleh informasi ini anak-anak muda,”tandas dia.

Dari total 516 PPS ini, Rini mengaku sebagian kecil diantaranya juga berprofesi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Namun demikian hal itu dibolehkan sesuai dengan aturan KPU.

“ASN ada beberapa tapi tidak banyak, boleh, di aturan KPU tidak melarang untuk jadi penyelenggara pemilu, jumlahnya untuk ASN nya sebagian kecil saja,”pungkasnya.

Sementara, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji dalam sambutannya mengharapkan para PPS tetap menjaga stamina dalam rangka mengemban Amanah menyukseskan pesta demokrasi di Pacitan.

“Tentu tetap harus menjaga staminannya masing-masing, mengemban amanah nanti untuk mensukseskan pemilu dan pemilihan yang lainnya semuanya bisa berjalan lancar,”katanya.

No More Posts Available.

No more pages to load.