Bawaslu Pacitan Harapkan SDM Hasil Seleksi Panwaslu Berkompeten dan Memiliki Kapabilitas

oleh -Dibaca 1,199 kali
CAT. Calon Panwaslu di Pacitan mengikuti seleksi menggunakan metode CAT pada Sabtu (15/10/2022) di SMKN 1 Pacitan. (Foto: Putro Primanto/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pacitan menggelar tahapan lanjutan seleksi lanjutan dengan metode Computer Assisted Test (CAT) Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) yang digelar pada Sabtu (15/10/2022) di SMKN 1 Pacitan.

Baca juga: Bawaslu Pacitan: Calon Panwaslu Ikuti CAT, Pastikan Berjalan Fair dan Independen

Komisioner Bawaslu Pacitan Agus Hariyanto mengungkapkan tahapan CAT calon Panwaslu Kecamatan berlangsung dan dibagi menjadi dua sesi.

“Alhamdulillah dari 182 peserta ada yang tidak hadir namun secara umum berjalan secara lancar dan baik,”kata Agus.

Secara khusus, Agus juga menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang membantu terselenggaranya CAT calon Panwaslu tersebut, terutama SMK 1 Pacitan dan PT Lentera Digital Nusantara (LDN).

“Untuk kehadiran itu rata-rata 1-2 orang yang tidak hadir dan masih dibawah 10 persen yang tidak hadir,”jelasnya.

Tahapan selanjutnya, kata Agus, hasil CAT akan diumumkan pada Senin (17/10/2022) dan dilanjutkan pada Selasa (18/10/2022) tes wawancara.

Koordinator bidang Sumberdaya Manusia dan Organisasi Bawaslu Pacitan, Agus Hariyanto. (Foto: Putro Primanto)

“Kita akan mendapat rekapan (nilai) dari Provinsi, karena serentak seluruh Indonesia kami akan tunggu rekap sistem nilainya dan bisa dibuktikan nilai peserta di akhir ujian,”paparnya.

Secara khusus, Agus juga menginginkan Bawaslu Pacitan bisa mendapatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Panwaslu yang berkompeten dalam mengawasi jalannya Pemilu.

“Jadi jangan khawatir ada titipan ada subyektivitas dan lain-lain, kami sangat berharap mendapatkan SDM yang berkompeten dan berkapabilitas terhadap pemilu 2024, jadi kedepan pemilu itu semakin dinamis, karena bahaya sekali jika pengawas tidak cakap teknologi,”ujar dia.

Sementara, salah satu peserta, Tri Mardiani mengungkapkan dirinya optimistis bisa maju ke tahapan seleksi Panwaslu berikutnya.

“Soalnya ada 100 dan materinya seputar wawasan kebangsaan dan kepemiluan, dan bagi saya pribadi sulit, tapi optimis mas, tadi benarnya 50 persenlah,”kata peserta asal Ngadirojo ini.

Bagaimana Bawaslu Pacitan Mengawasi Jalannya Tahapan Pemilu?

No More Posts Available.

No more pages to load.