Kemenag Pacitan Imbau Masyarakat Tetap Jaga Prokes Saat Sholat Tarawih di Masjid

oleh -Dibaca 871 kali
Bagian Depan Masjid (Dok.Pacitanku)
Masjid Agung Darul Falah. (Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) RI Moh Nasim mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan saat menjalankan shalat tarawih di Masjid.

Hal itu selaras dengan Surat Edaran (SE) nomor 08 Tahun 2022 tentang Panduan Penyelenggaraan Ibadah pada Bulan Ramadan dan Idul Fitri 1443 H/2022 M.

“Untuk shalat tarawih, kita sesuai dengan pedoman terbaru SE Kemenag nomor 8 tahun 2022 diantaranya tetap menjaga protokol Kesehatan itu tidak boleh luntur,”kata Moh Nasim saat dikonfirmasi awak media pada Jumat (1/4/2022) di Pacitan.

Dalam pelaksanaan sholat tarawih Ramadhan 2022 ini, Moh Nasim mengatakan masjid diperbolehkan full jamaah. “Insyaallah tidak berjarak (shafnya), tetapi tetap pakai masker tidak boleh lepas,”tandas dia.

Selain itu, Moh Nasim mengatakan masjid di Pacitan, salah satunya masjid Agung juga masih menerapkan sejumlah tata laksana protocol Kesehatan.

Kepala Kantor Kemenag Pacitan Moh Nasim. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku.com)

“Yang cek suhu kayaknya tidak ada, cuman masih pakai handsanitizer masih dipersiapkan, untuk mengindari penyebaran virus,”jelasnya.

Moh Nasim mengatakan meskipun sholat tarawih sudah dilonggarkan, dia mewanti-wanti masyarakat untuk tidak jumawa dan euphoria.

“Meskipun sudah dilonggarkan pemerintah, jangan jumawa, euofria, lepas akhirnya kenek lagi, sehingga yang meras suhunya tinggi atau badannya kurang enak, bisa melaksanakan tarawih di rumah saja,”pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan di Pacitanku.com, Pemerintah menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1443 Hijriah yang menjadi penanda awal ibadah puasa jatuh pada Ahad (3/4/2022).

Penetapan 1 Ramadhan 1443 Hijriah ini merupakan hasil sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama bersama sejumlah organisasi masyarakat Islam pada Jumat (1/4/2022) di Auditorium HM. Rasjidi Kemenag, Jalan MH. Thamrin, Jakarta.

Sementara, untuk Muhammadiyah sudah menetapkan awal Ramadhan tahun 2022 ini jatuh pada Sabtu (2/4/2022).

No More Posts Available.

No more pages to load.