DPRD Pacitan Sampaikan Pokok-Pokok Pikiran dalam Musrenbang RKPD Tahun 2023

oleh -Dibaca 21 kali

Pacitanku.com, PACITAN – DPRD kabupaten Pacitan menyampaikan pokok-pokok pikiran, dalam musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) RKPD tahun 2023, di gedung Karya Dharma, Selasa (29/3/2022).

Pokok pikiran DPRD, merupakan cerminan aspirasi masyarakat, yang kemudian disodorkan kepada eksekutif, sebagai bahan pengambilan kebijakan program kerja pemerintah tahun depan.

“Besar harapan, pokok-pokok pikiran DPRD yang berasal dari himpunan aspirasi masyarakat, bisa ditindaklanjuti dan direalisasikan oleh pemerintah kabupaten Pacitan,”kata ketua DPRD Kabupaten Pacitan, Ronny Wahyono dalam sambutanya di depan peserta musrenbang.

Ronny, sapaan akrab ketua DPRD Pacitan, menekankan pentingnya harmonisasi pembangunan dalam bingkai otonomi daerah. Ia berharap, harmonisasi perencanaan pembangunan senantiasa dipelihara, dari tingkat desa hingga ke meja pemkab Pacitan.

“Kami berharap, musrenbang RKPD tahun 2023 tingkat kabupaten pada hari ini, bisa menjadi sarana untuk menyempurnakan, sinkronisasi dan harmonisasi pembangunan sekaligus membuahkan perencanaan yang berkualitas. Tak hanya berorientasi pada output, namun juga mengejar capaian outcome sebagai prioritas utama,”imbuhnya.

Tidak bisa dipungkiri, sumber daya menjadi salah satu kendala dalam upaya pembangunan kabupaten Pacitan. Ketergantungan pemerintah kabupaten Pacitan terhadap dana transfer pemerintah pusat masih amat tinggi.

Di sisi lain, masih banyak masalah pula, yang dihadapi pemerintah kabupaten Pacitan, dalam memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebagai salah satu penopang Anggaran Pendapatan dan Belanja Pemerintah Daerah (APBD).

Besaran APBD pacitan yang terbatas, menuntut pelaku penyelenggara pemerintahan mengelola APBD se-efektif dan se-efisien mungkin. Untuk itu, diperlukan skala prioritas, sebagai dasar dari setiap program kerja pemerintah daerah.

“Dengan skala prioritas yang sesuai, kami yakin pekerjaan rumah dan permasalahan pembangunan, bisa ditangani dengan lebih tepat sasaran,”pungkas Ronny.

No More Posts Available.

No more pages to load.