DPC Katalia Pacitan Resmi Dilantik, Siap Kembangkan Profesi Ahli Tata Rias Pengantin

oleh -Dibaca 1,001 kali
DPC Katalia Pacitan resmi dilantik pada Selasa (29/3/2022) di Pendopo Kabupaten Pacitan. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Dewan Pengurus Cabang (DPC) Asosiasi Ahli Rias Pengantin Modifikasi dan Modern Indonesia Katalia Kabupaten Pacitan periode 2022-2027 resmi dilantik.

Pelantikan tersebut digelar pada hari Selasa (29/3/2022) di pendopo kabupaten Pacitan.

Pelantikan DPC Katalia Kabupaten Pacitan ini dilakukan langsung oleh ketua DPD Katalia Jawa Timur, Suprihatin Slamet Wartono kepada 60 anggota Katalia Pacitan yang dipimpin oleh Ida Jasmine sebagai ketua DPC Katalia Pacitan.

Ketua DPD Katalia Jatim Suprihatin Slamet Wartono dalam keterangannya mengatakan Katalia adalah asosiasi yang mewadahi para ahli tata rias pengantin seluruh Indonesia.

“Sehingga bias menjadi ajang tukar ilmu supaya para anggotanya dapat meningkatkan kapasitas keilmuan khususnya di bidang tata rias pengantin yang tentunya mengikuti perkembangan zaman,”ujarnya.

Suprihatin berharap para pengurus dan anggotanya katalia Pacitan bisa membawa lebih maju di bidang rias, atau di bidang keorganisasian dan pendidikan. Suprihatin juga berharap Katalia Pacitan bisa berkembang menjadi organisasi profesi.

“Dan saya juga mengucapkan selamat dengan suatu harapan-harapan yang penuh sudah saya titipkan ke Ibu Bupati sebagai pembina atau sebagai pelindungnya, dan ibu lurah seluruh kecamatan kabupaten Pacitan agar semua mau membimbing katalia yang baru lahir ini dan juga mau memakai jasa dari jasa katalia ini beserta semua jajaran-jajarannya,”jelasnya.

Sementara, Ketua DPC Katalia Pacitan Ida Jasmine mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada dirinya memimpin Katalia Pacitan.

“Dan para perias pacitan ini untuk bisa berkembang dan maju dan bisa lebih go nasional, itu harapan kami,”tandasnya.

Dalam masa kepengurusannya bersama 60 anggota lainnya, Ida Jasmine juga menargetkan Katalia bisa mewadahi para perias Pacitan agar lebih maju.

“Kita juga menambah wawasan untuk kedepannya itu lebih sukses, bisa mengikuti tren, untuk kegiatan kita mempunyai target 3 bulan sekali bulan sekali kegiatan kita mendatangkan narasumber, untuk menambah ilmu semua,”jelasnya.

Pembina Katalia Pacitan yang juga Ketua TP PKK Kabupaten Efi Suraningsih mengharapkan Katalia bisa bersinergi dengan PKK juga kedepannya.

“Harapannya juga bisa meningkatkan dari keterampilan yang ujung-ujungnya nanti menambah ekonomi keluarga, disamping itu juga juga bisa melestaikan budaya pacitan khususnya, dalam tata rias,”ujar Efi.

Budaya yang dimaksud, kata dia, adalah muncul budaya baru dalam rias di Pacitan, dimana selama ini memang Pacitan berkiblat ke mataraman dalam tata rias.

“Jadi kita ini kan masih dalam mataraman, tata rias selalu berkiblatnya ke Solo atau Jogja karena sudah dari jaman sejarah dulu seni merias, dimana ada Solo putri atau Jogja ageng, kami harapkan Pacitan ini muncul budaya baru dan ini butuh riset mendalam,”pungkasnya.