Kukuhkan Pelaksana Baznas Pacitan, Wabup Pacitan: Zakat Instrumen Kunci Tumbuhkan Perekonomian dan Tangani Masalah Sosial

oleh -Dibaca 369 kali
Wakil Bupati Pacitan Gagarin mengukuhkan pelaksana Baznas Kabupaten Pacitan pada Senin (21/3/2022). (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Wakil Bupati Pacitan Gagarin mengukuhkan Pelaksana Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pacitan periode 2022-2027 di Pendopo Kabupaten, Senin (21/3/2022).

Dalam kegiatan itu, Gagarin mengatakan zakat merupakan salah satu instrumen kunci dalam menumbuhkan dan meningkatkan perekonomian.

Selain dapat membantu beban pemerintah dalam menangani masalah-masalah sosial, Gagarin mengatakan zakat secara tidak langsung dapat membantu APBD.

“Atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten  Pacitan,  kami  mengucapkan selamat kepada pelaksana baznas Kabupaten Pacitan periode 2022-2027 semoga dengan dikukuhkannya pengurus yang baru, kami mengharapkan kinerja baznas lebih ditingkatkan lagi, sehingga keberadaannya senantiasa dapat dirasakan seluruh lapisan masyarakat,”kata Gagarin, mengutip siaran pers Prokopim Pacitan.

Lebih lanjut, Gagarin mengungkapkan keberadaan Baznas sebagai lembaga pemerintah non struktural, merupakan instrument untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan dalam  pengelolaan zakat yang dikeluarkan masyarakat, khususnya umat Islam.

Selain itu, dia berharap Baznas bisa meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat sekaligus penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Pacitan.

Kepada pelaksana Baznas Kabupaten Pacitan yang baru dikukuhkan, Wabup Gagarin berpesan, untuk segera bekerja optimal melaksanakan tugas, fungsi dan kewenangannya. Antara lain  meningkatkan pengumpulan zakat profesi, infak dan zakat fitrah yang di tahun 2021 sudah mampu terkumpul Rp3,4 miliar.