Menengok Kali Talang dan Goa Somopuro, Spot ‘Surga Tersembunyi’ di Tulakan

oleh -Dibaca 2.913 kali
Keindahan Kali Talang di Kecamatan Tulakan. (Foto Oleh Febi Dian Prastiwi dan Puput Anita Sari )

Pacitanku.com, TULAKAN – Goa Somopuro dan Kali Talang, wisata alam yang bisa menjadi referensi saat mengunjungi di Kecamatan Tulakan. Wisata Goa Somopuro terletak di Dusun Sempu, Desa Bungur, Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Sedangkan Kali Talang letaknya tidak jauh yaitu di Dusun Klepu, Desa Gesingan. Kedua wisata ini memiliki jarak tempuh sekitar satu jam dari pusat kota Pacitan.

“Penyebutan Kali Talang karena wisata ini memiliki air terjun yang menyerupai talang. Tetapi talang tersebut terbentuk secara alami dengan ketinggian tebing 3-6 meter,”kata Sikom (58), salah satu warga setempat saat ditemui tim PKL STKIP PGRI Pacitan pada Jumat (4/2/2022).

Pengunjung dapat menikmati suasana alam di Kali Talang dengan bersua foto juga berenang karena Kali Talang memiliki air yang sangat bersih dan jernih.

Pengunjung dapat menikmati wisata Kali Talang tanpa dipungut biaya. Kali Talang ini menjadi spot surga tersembunyi yang sampai saat ini belum dikelola oleh pemerintah Daerah.

Selain keindahan Kali Talang, Goa Somopuro juga memiliki daya tarik tersendiri. Goa Somopuro memiliki ciri khas yang tidak dimilliki oleh goa lain yang ada di Pacitan.

Goa Sompuro Tulakan.

Goa Somopuro memiliki aliran sungai bawah tanah dengan air yang jernih dan tetap mengalir sepanjang tahun.

Selain itu, terdapat stalagmit dan stalaktit yang seakan menyapa kedatangan pengunjung di mulut goa. Gradasi warna stalagmit dan stalaktit yang terdapat dalam Goa membuat pengunjung terpesona.

Dalam perjalanan menuju Goa Somopuro dan Kali Talang, pengunjung akan disuguhkan dengan pegunungan dan area persawahan yang membentang luas dan memanjakan mata.

Kedua wisata alam ini wajib dikunjungi apabila berkunjung ke Tulakan. Pengunjung tidak akan kecewa dengan pemandangan alam yang disuguhkan kedua wisata tersebut.

Ditulis oleh Tim PKL STKIP PGRI Pacitan
(Febi Dian Prastiwi dan Puput Anita Sari)

No More Posts Available.

No more pages to load.