BPS Catat Indeks Pembangunan Manusia di Pacitan Naik Jadi 68,57

oleh -6 Dilihat
Kantor BPS Pacitan. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN — Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pacitan mencatat kenaikan indeks pembangunan manusia (IPM) di Pacitan pada tahun 2021 meskipun masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Hasil rilis BPS menyebut IPM di Pacitan tahun 2021 naik 0,18 persen dari 68,39 di 2020 menjadi 68,57 pada tahun 2021.

“Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Pacitan senantiasa mengalami kenaikan, meskipun dari tahun 2019-2021 peningkatannya cukup landau,”kata peneliti BPS Budi Hartono dalam paparannya saat webinar Gelatik 4, baru-baru ini.

Selain IPM yang naik, Budi mengatakan setiap tahun IPM di Pacitan terus mengalami peningkatan “Kenaikan juga pada komponen pendukungnya seprti Umur Harapan Hidup (UHH), harapan lama sekolah, pengeluaran per kapita meningkat,”jelasnya.

Dalam Gelatik edisi ke-4 ini, BPS memaparkan hasil survei bedah data Indeks Pembangunan Manusia (IPM), kemiskinan dan ketenagakerjaan Kabupaten Pacitan tahun 2021.

Kegiatan Gelatik edisi ke-4 tersebut juga menghadirkan tiga narasumber yaitu Budi Hartono, Angga Erwina Bayu dan Apriyanto Hadi Nugroho. Kegiatan gelatik 4 ini dilaksanakan secara daring dan di ikuti sejumlah OPD, DPRD dan masyarakat Pacitan.