Keren, Desa Gemaharjo Punya Produk ‘Raja Subali’ yang Diolah dari Susu Sapi Segar

oleh -Dibaca 2,472 kali
PRODUK RAJA SUBALI. Bupati Pacitan saat di Desa Gemaharjo memegang produk olahan susu sapi dengan merek Raja Subali. (Foto: Dok. Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, TEGALOMBO – Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo kini memiliki produk yang siap menjadikan desa yang terletak di perbatasan Pacitan dan Ponorogo tersebut semakin berdaya.

Produk tersebut adalah “Raja Subali” yang merupakan hasil dari pengolahan susu sapi segar dengan empon-empon.

Dari pengolahan tersebut Desa Gemaharjo menghasilkan susu segar berkhasiat berbahan dasar susu murni dipadu dengan berbagai bahan jamu jawa semisal kunyit, temulawak, jahe serta gula aren. Susu olahan tersebut diberi label “Raja Subali” (Ramuan Jawa Susu Herbal Murni).

Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji yang hadir langsung untuk melaunching Desa Gemaharjo sebagai Kampung Berdaya berkesempatan mencoba sekaligus meresmikan produk kebanggaan masyarakat Desa Gemaharjo tersebut.

Bupati memberikan apresiasi sekaligus dukungan dan berharap produk ini berkembang serta meningkatkan perekonomian masyarakat.

“aya sangat apresiasi dan berharap pengembangan susu yang ada di Desa Gemaharjo ini akan berkembang ke wilayah atau kecamatan kecamatan yang lain,”kata Bupati Aji, mengutip siaran pers Humas Pemkab Pacitan pada Ahad (26/12/2021).

Sebagai daerah yang tergolong dataran tinggi, Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo sangat potensial untuk pengembangan pertanian, perkebunan dan peternakan. Maka tak heran jika hampir 80 persen masyarakat Desa Gemaharjo adalah petani dan peternak.

Sapi perah sendiri mulai dikembangkan di Desa tersebut mulai tahun 2014 dan telah menghasilkan susu sapi segar yang melimpah.

“Di desa kami ini potensi peternakan sapi perah dan pertanian khususnya empon empon melimpah, jadi atas dasar tersebut kami juga berusaha menciptakan sebuah produk yang memiliki nilai ekonomi tinggi daripada kami jual dalam bentuk bahan mentah yang murah,”kata Kades Gemaharjo, Harmanto.

No More Posts Available.

No more pages to load.