Ini Strategi Dinkes Pacitan Selesaikan 42.444 Sasaran Vaksinasi Anak

oleh -Dibaca 700 kali
Kepala Dinas Kesehatan Trihariadi Hendra Purwaka. (Foto: Sulthan Shalahuddin)

Pacitanku.com, PACITAN – Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan melakukan sejumlah strategi untuk menyelesaikan 42.444 sasaran vaksinasi anak usia 6-11 tahun selama kurun waktu kurang dari satu bulan kedepan.

“Ya jadi kita sudah dapat alokasi vaksinasi untuk Pacitan 42.444 anak, nanti akan kita laksanakan, kita koordinasikan dengan Dinas Pendidikan Kabupaten, Kantor Kemenag, juga lembaga sosial anak, lembaga non formal,”kata Plt Kepala Dinkes Pacitan Trihariadi Hendra Purwaka pada Rabu (15/12/2021) di Pacitan.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa dr Hendra ini mengatakan pihaknya ditarget mampu menyelesaikan 42.444 sasaran vaksinasi anak usia 6-11 tahun tersebut selama 27 hari.

“Tapi kita kan efektifkan itu kita rencanakan dalam waktu 20 hari, 5×4 minggu, nanti 42.444 itu dibagi 20 hari, itu target minimal,”imbuhnya.

Dari target tersebut, dr Hendra mengungkapkan pelaksanaannya akan dibagi ke semua Puskesmas di Kecamatan Pacitan.

“Untuk pelaksanaannya kita harapkan di sekolahan-sekolahan, yang longgar, atau di balai desa yang memungkinkan untuk mendekatkan anak-anak,”ujarnya.

Terkait edukasi dan sosialisasi vaksinasi anak, dr Hendra menghimbau semua anak-anak yang sudah memenuhi persyaratan untuk ikut dalam program vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini.

“Dihimbau kepada semuanya, kepada anak-anak yang memenuhi persyaratan, bukan masalah wajib atau tidak, karena eman-eman kalau tidak vaksin, karena manfaatnya yang besar, nanti kalau misalnya belum divaksin, karena nanti fatal mencegah kefatalan, karena ada juga anak-anak yang terkena COVID-19,”jelasnya.

Selain itu, Pacitan sendiri memiliki keuntungan, bersama  20 kabupaten/kota lainnya di Jatim yang sudah diizinkan melakukan vaksinasi anak usia 6-11 tahun.

Hal itu dikarenakan sejumlah persyaratan harus dipenuhi, dimana daerah yang dapat melaksanakan vaksinasi anak 6-11 tahun adalah daerah dengan capaian vaksinasi dosis pertama di atas 70 persen.

Selain itu, cakupan vaksinasi untuk sasaran lansia sudah lebih dari 60 persen. Pacitan sendiri sudah memenuhi persyaratan tersebut sesuai Keputusan Kemenkes RI Nomor HK.01.07/MENKES/6688/2021.

Lebih lanjut, dr Hendra mengatakan pihaknya juga akan melakukan edukasi pentingnya pelaksanaan vaksinasi untuk anak-anak di Pacitan untuk mencapai target dan sasaran yang ditentukan tersebut.

“Kita melakukan edukasi pentingnya vaksin kepada anak-anak, selain itu sebelum vaksin, kan dilakukan skrining, dan juga persetujuan orang tuanya, jadi orang tua harus tahu, terserah orang tuanya hadir monggo tidak hadir monggo, tapi orang tua harus bisa memberikan pemahaman kepada anak-anaknya,”pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Kabupaten Pacitan memulai kick-off vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun. Pencanangan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun di Pacitan dilaksnakan di SDN Pacitan, Kelurahan Pacitan, Kecamatan Pacitan pada Rabu (15/12/2021) dan dihadiri langsung Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji.

Video Bagaimana Strategi Dinkes Pacitan Selesaikan 42.444 Sasaran Vaksinasi Anak?

No More Posts Available.

No more pages to load.