Pacitan Gelar Kick-off Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun, Sasar 42.444 Anak

oleh -Dibaca 516 kali
Kick-off Vaksinasi anak di Pacitan pada Rabu (15/12/2021). (Foto: Sulthan Shalahuddin)

Pacitanku.com, PACITAN – Kabupaten Pacitan memulai kick-off vaksinasi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) untuk anak usia 6-11 tahun.

Pencanangan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun di Pacitan dilaksnakan di SDN Pacitan, Kelurahan Pacitan, Kecamatan Pacitan pada Rabu (15/12/2021).

Dalam kegiatan vaksinasi perdana untuk anak usia 6-11 tahun itu, dua anak mendapatkan kesempatan menerima suntik vaksin COVID-19 perdana, yaitu adalah Sukma Ayu dan Naufaldo Aqila Pradana.

Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji dalam keterangannya usai menghadiri pencanangan vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun mengatakan Pacitan menjadi salah satu dari sejumlah daerah di Jawa Timur yang berkesempatan mendapatkan kesempatan menggelar vaksin untuk anak usia 6-11 tahun.

“Ya hari ini kick-off, atau launching atau yang pertama kali vaksin COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun, Pacitan mendapatkan kesempatan itu, dan ini tidak semua kabupaten/Kota di Jatim mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan vaksinasi COVID-19 untuk anak 6-11 tahun,”kata Bupati.

Bupati mengatakan adanya kegiatan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun di Pacitan berkat kerja sama semua pihak, yaitu Pemerintah Kabupaten (Pemkab), TNI, POLRI dan masyarakat seluruhnya.

Untuk diketahui, kick-off secara nasional vaksinasi COVID-19 utuk anak usia 6-11 tahun telah dimulai pada Selasa (14/12/2021) kemarin. Tapi, belum semua daerah di Indonesia boleh melaksanakan. Di Jatim, hanya 21 kabupaten/kota yang sudah diizinkan. Termasuk Kabupaten Pacitan salah satunya.

Hal itu dikarenakan sejumlah persyaratan harus dipenuhi, dimana daerah yang dapat melaksanakan vaksinasi anak 6-11 tahun adalah daerah dengan capaian vaksinasi dosis pertama di atas 70 persen.

Selain itu, cakupan vaksinasi untuk sasaran lansia sudah lebih dari 60 persen. Pacitan sendiri sudah memenuhi persyaratan tersebut sesuai Keputusan Kemenkes RI Nomor HK.01.07/MENKES/6688/2021.

Lebih lanjut, Bupati Aji mengatakan ada total 42.444 sasaran untuk anak usia 6-11 tahun di Pacitan yang akan dilakukan suntik vaksin COVID-19.

“Semua sasaran itu tersebar di 528 SD dan MI, kita ditarget 30 hari selesai, kemudian awalnya dari Bu Gubernur Khofifah ditarget diminta 27 hari selesai, kita menargetkan 25 hari bisa selesai untuk vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini,”ujar Bupati.

Untuk merealisasikan target 25 hari selesai vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun itu, Bupati mengatakan hal itu perlu kerja keras dan dukungan semua pihak terkait.

“Kita butuh kerjasama semuanya, baik Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, juga butuh edukasi sosialisasi dan sebagainya,”katanya lagi.

Pencanangan vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Pacitan sendiri berjalan dengan lancar.

“Tadi untuk pencananganan alhamdulillah tidak ada kendala, terkait dropping vaksin, kemarin mungkin droppingnya tidak pasti, tapi tadi Bu Gubernur menyampaikan Insyaallah semuanya bisa lebih stabil lah,”pungkasnya.

Turut mendampingi Bupati dalam kegiatan kick-off vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun tersebut adalah Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Efi Suraningsih, unsur Forkopimda Pacitan, Sekda Pacitan Heru Wiwoho, Kepala Dinas Pendidikan Daryono, Plt Kepala Dinas Kesehatan Trihariadi Hendra Purwaka dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pacitan.

Video Pacitan Gelar Kick-off Vaksinasi Usia 6-11 Tahun, Sasar 42.444 Anak

No More Posts Available.

No more pages to load.