Libur Nataru, Bupati Pastikan Destinasi Wisata di Pacitan Tetap Dibuka, Tetapi Tetap Hati-hati

oleh -0 Dilihat
Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji saat berbincang dengan awak media pada Rabu (15/12/2021). (Foto: Sulthan Shalahuddin)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji memastikan semua destinasi wisata di Kabupaten Pacitan tetap buka selama masa libur natal 2021 dan tahun baru 2022. Hal itu seiring dengan masuknya Pacitan ke dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1.

“Untuk Libur Nataru (Natal dan Tahun Baru) kita tetap membuka pariwisata, tetapi tetap berhati-hati (waspada COVID-19),”katanya saat dikonfirmasi awak media usai pencanangan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun pada Rabu (15/12/2021) di SDN Pacitan, Kelurahan Pacitan, Kecamatan Pacitan.

Untuk itu, Bupati mengatakan sesuai dengan kelonggaran yang diterapkan di daerah PPKM level 1 sesuai instruksi Mendagri nomor 67, pihaknya membuka destinasi wisata 75 persen dari total kapasitas pengunjung di masing-masing destinasi wisata.

“Tetap berhati-hati, kemarin karena kita (PPKM) level 1, kita (buka) 75 persen (dari kapasitas),”ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, sesuai Inmendagri nomor 67 tahun 2021, Pemerintah memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) hingga 3 Januari 2022 untuk Jawa-Bali baik level 1,2,3 PPKM.

Perpanjangan PPKM ada di dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian nomor 67 tahun 2021 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 3, level 2 dan level 1 COVID-19 di wilayah Jawa dan Bali.

Di Kabupaten Pacitan, PPKM masuk ke level 1 sehingga sejumlah kelonggaran pun mulai dilakukan.

Sesuai dengan aturan, sejumlah kelonggaran pun diterapkan seiring dengan penetapan level 1 PPKM di Pacitan, yaitu untuk wisata, semuanya bisa dibuka. Selain itu, kapasitas pengunjung wisawatan pun meningkat jika pada PPKM level 2 hanya 50 persen, kini meningkat menjadi 75 persen.

Selain itu, kegiatan hajatan juga diperbolehkan dan dilonggarkan namun tetap menerapkan protocol Kesehatan dan pembatasan jumlah massa sebanyak 75 persen dari kapasitas.

Video Masa Nataru, Destinasi Wisata di Pacitan Dipastikan Tetap Buka